UPAYA PENINGKATAN GERAK DASAR LARI JARAK PENDEK 50 METER MELALUI OLAHRAGA TRADISIONAL BENTENGAN PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI MARGAHAYU XVI KOTA BEKASI

Enjang Ahmad Mustaqim, Muflikhul Fajri

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan gerak dasar lari jarak pendek 50 meter melalui olahraga tradisional bentengan pada siswa kelas IV SD Negeri Margahayu XVI Kota Bekasi. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research), sedangkan  subyek dalam penelitian ini  adalah, siswa kelas IV SD Negeri Margahayu XVI Kota Bekasi yang berjumlah. 39 orang.  Hasil penelitian telihat peningkatan hasil belajar Lari Jarak Pendek melalui olahraga Tradisional Bentengan, obervasi awal menunjukkan hanya 18 orang (46.15%) siswa yang mencapai nilai KKM. Pada siklus 1 terdapat peningkatan yang cukup signifikan hasil menunjukkan 25 orang siswa (64.10%) siswa yang mencapai nilai KKM. Sedangkan pada siklus 2 didapat hasil 32 orang siswa (82.05%) siswa yang mencapai nilai KKM Pada siklus 2 hasil yang dicapai  telah sesuai dengan apa yang di targetnya yaitu 75% siswa telah mencapai nilai KKM, dalam hal ini 82.05% siswa telah mencapai nilai KKM, sehingga tidak dilanjutkan pada siklus III. Dari seluruh pelaksanaan penelitian tindakan kelas di kelas IV SD Negeri Margahayu XVI Kota Bekasi dari masing siklus mengalami peningkatan dari segala aspek, sekaligus menunjukan bahwa pembelajaran lari jarak pendek 50 meter melalui olahraga tradisional bentengan banyak disenangi oleh sebagian besar siswa. sehingga model pembelajaran lari jarak pendek 50 meter melalui olahraga tradisional bentengan  sesuai dengan karakteristik siswa kelas IV SD Negeri Margahayu XVI Kota Bekasi serta berdasarkan hasil penelitian ini Olahraga Tradisional Bentengan dapat meningkatkan hasil belajar Lari jarak Pendek 50 meter  siswa kelas IV SD Negeri Margahayu XVI Kota Bekasi.


Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Aminudin. (2010). Atletik dan Tekniknya. Jakarta: Yudhistira.

Dadan Heryana dan Giri Verianti,2010, Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan untuk Siswa SD-MI kelas V. Pusat Perbukuan Kementerian Pendidikan Nasional.

Rumini, 2004. Model Pembelajaran Atletik dan Metodik 1. UNNES.

Slameto, 2010. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Soetoto Pontjopoetro. 2006. Permainan Anak Tradisional dan Aktifitas Ritmik. Jakarta: Universitas Terbuka.

Wina Sanjaya. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Kencana.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.