PENERAPAN MODEL EXAMPLE NON EXAMPLE TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS NEGOSIASI DI KELAS X SMA NEGERI 1 SIDAMANIK

Berlian Romanus Turnip, Netti Marini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh penerapan model example non example terhadap kemampuan menulis teks negosiasi oleh siswa kelas X SMA Negeri 1 Sidamanik. Alat yang digunakan untuk memperoleh hasil pengamatan yaitu dengan menggunakan pre test (sebelum menerapkan model example non example terhadap kemampuan menulis teks nogosiasi) dan post test (setelah menerapkan model example non example terhadap kemampuan menulis teks nogosiasi). Setelah melakukan tes keduanya, peneliti menganalisis data yang diperoleh dengan menggunakan rumus korelasi product moment. Maka diperoleh hasil adanya peningkatanyang signifikan antara penilaian pre test dan post tes. Sehingga dapat disimpulkan adanya pengaruh penerapan model example non example terhadap kemampuan menulis teks negosiasi siswa kelas X SMA Negeri Sidamanik.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, Suharsimi. 2016. ProsedurPenelitianSuatuPendekatanPraktik. Jakarta: PT RinekaCipta.

Arikunto, Suharsimi. 2014. ManajemenPenelitian. Jakarta: PT RinekaCipta.

Astriani, Rahayu. dkk. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran example non example Berbantu Media Gaser Terhadap Keterampilan Menulis Deskripsi. Semarang. Jurnal Pendas Mahakam. Vol 2 (1). 91-99. Mei 2017.

Farhan, Abu, dkk. 2018. Peningkatan Kemampuan Siswa Menulis Teks Negosiasi Dengan Menggunakan Metode Karyawisata. Buleleng. Jurnal Pendidikan dan Sastra Indonesia. Vol 8. Nomor 2. Agustus 2018.

Huda, Miftahul. 2017. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kurniasih, Imas. dan Berlin Sani. 2016. RagamPengembangan Model Pembelajaran. Jakarta: Kata Pena.

Marini, Nettii. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Tipe Jigsaw Terhadap Membandingkan Teks Negosiasi di Kelas X MAN Pematangsiantar.Genta Mulia : Jurnal Ilmiah Pendidikanv.12, no.2. P141-149 ISSN 2301-6671. Dapat diakses pada https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/gm/article/view/459

Ngalimun, dkk. 2016. Strategi dan Model Pembelajaran.Yogyakarta: AswajaPressindo.

Nurmayanti, Maya. 2018. Kemampuan Menulis Teks Negosiasi dengan Menggunakan Strategi Pembelajaran Think Pair and Share. Ciamis. Jurnal Literasi. Vol 2. No 2. Oktober 2018.

Patonah, Siti. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) pada Pembelajaran Menulis Teks Negosiasi di Kelas X SMK Lentera Bangsa. Tersedia di https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/parole/article/view/1269 September 2018

Tanjung, H. S. (2018). Perbedaan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dalam Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(1).

Riduwan. 2014. Metode dan Teknik Menyusun Tesis. Bandung: Alfabeta.

Rusman. 2016. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: PT Raja GrafindoPersada.

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berorientasi model pembelajaran berbasis masalah (pbm) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMA Se-Kuala Nagan Raya Aceh. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(2).

Sanjaya, Wina. 2017. StrategiPembelajaran. Jakarta: KencanaPrenadamedia group.

Shoimin, Aris. 2016. Model PembelajaranInovatif.Yogyakarta:Ar-Ruzz Media.

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2018). Pengaruh penggunaan metode pembelajaran bermain terhadap hasil belajar matematika siswa materi pokok pecahan di kelas III SD Negeri 200407 Hutapadang. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1).

Sugiyono. 2017. MetodePenelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sukardi. 2013. MetodologiPenelitian Pendidikan. Jakarta: PT BumiAksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.