PENTINGNYA PEMAHAMAN GURU TERHADAP PERKEMBANGAN MENTAL PESERTA DIDIK

Atmawarni Atmawarni

Abstract


Perkembagan Mental Peserta didik terjadi melalui tahapan-tahapan perkembangan dimulai sejak lahir. Setiap tahapan memiliki ciri serta pola karakter tersendiri dan harus diselesaikan dengan baik agar terbentuk identitas diri yang seterusnya akan membentuk kepribadian yang baik pula. Dalam tulisan ini ditujukan agar Guru dapat memahami setiap tahapan perkembangan peserta didik, bagaimana dan sejauhmana peranan guru dalam membentuk karakter peserta didik.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Dwi Siswoyo dkk, ((2007) Ilmu Pendidikan, Yogyakarta: UNY Pers Endang Purwantu dan Nur Widodo, (2002), Perkembangan Peserta didik, Malang: UMM Pers.

Fachryddin Hasballah, (2006), Pertumbuhan dan Perkembangan Anak, Banda Aceh: YAyasan Pen. A. Banda Aceh

Tanjung, H. S. (2019). Penerapan Model Realistic Mathematic Education (RME) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Sman 3 Darul Makmur Kabupaten Nagan Raya. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(1).

Tanjung, H. S. (2018). Perbedaan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dalam Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(1).

https://www.kompasiana.com/almaziyyah/58d191693dafbd8f55af5122/pemahaman-terhadap-peserta-didik

Mudiyaharjo, Redja. Pengantar Pendidikan: Sebuah Studi Awal Tentang Dasardasar Penddidikan pada Umumnya dan Pendididkan di Indonesia. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2002.

Sudarwan Danim.2010:1. Pengertian Peserta didik menurut para ahli.

Undang-undang No.20 Tahun 2003.Pengertian Peserta didik.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.