ANALISIS PEMANFAATAN LITERASI DAN NUMERASI DI SD INPRES MANGGALA KOTA MAKASSAR
DOI:
https://doi.org/10.61290/gm.v14i1.675Keywords:
Literasi, Numerasi, Sekolah DasarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan literasi dan numerasi di SD Inpres Manggala Kota Makassar apakah sudah efektif diterapkan atau tidak efektif. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data yaitu: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah sebanyak 5 orang diantaranya 1 orang kepala sekolah, 1 orang guru dan 3 orang siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan hasil pemanfaatan literasi dan numerasi sudah efektif. Hal ini dikarenakan sudah difasilitasi perpustakaan oleh Sekolah, menyediakan pojok baca di kelas, menyiapkan berbagai macam buku bacaan, sehingga memotivasi siswa untuk terus meningkatkan literasi dan numerasi yang diterapkan oleh guru serta antusias siswa dalam pemanfataan literasi dan numerasi di sekolah.