PERSEPSI ORANG TUA TERHADAP PEMBELAJARAN ON LINE MASA PANDEMI COVID-19

Iis Dahlia, Ucup Supriatna

Abstract


Abstract

Kebijakan pemerintah untuk melaksanakan pembelajaran online pada masa pandemi Covid-19 mendapat berbagai tanggapan termasuk dari orang tua siswa. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan persepsi orang tua terhadap pembelajaran online pada masa pandemi covid-19. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sampel sebanyak 20 orang tua siswa di MTs. Negeri 1 Ketapang dengan pengumpulan data menggunakan teknik wawancara. Analisis data menggunakan software analisis data kualitatif ATLAS.ti versi 8. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar orang tua siswa tidak menyetujui pembelajaran online karena menganggap tidak efektif, anak kesulitan dalam memahami materi pelajaran, media yang digunakan guru kurang bervariasi dan penyediaan kuota internet menjadi beban bagi orang tua. Blended learning dapat menjadi alternatif pembelajaran karena memadukan pembelajaran tatap muka dan pembelajaran online.

 

Kata-kata kunci: persepsi, orang tua, pembelajaran online


Full Text:

PDF

References


Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 282–289. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p282-289

Arafat Lubis, M., Azizan, N., & Ikawati, E. (2020). Persepsi Orang Tua Dalam Memanfaatkan Durasi Penggunaan Gadget Untuk Anak Usia Dini Saat Pandemi Covid-19. In Jurnal Kajian Gender dan Anak (Vol. 4, Issue 1). https://doi.org/10.24952/GENDER.V4I1.2834

Arifin, A. S., & Sukati, S. (2020). Persepsi Guru Madrasah Ibtidaiyah terhadap Pembelajaran Daring Selama Program Belajar dari Rumah (BDR) di Masa Pandemi COVID-19. In LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan) (Vol. 11, Issue 2). www.ejournal.almaata.ac.id/literasi

Atsani, K. H. L. G. M. Z. (2020). Transformasi media pembelajaran pada masa Pandemi COVID-19. Al-Hikmah: Jurnal Studi Islam, 1(1), 82–93.

Bali, S., & Liu, M. C. (2018). Students’ perceptions toward online learning and face-to-face learning courses. Journal of Physics: Conference Series, 1108(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1108/1/012094

Danang Yuangga, K., & Sunarsi, D. (2020). Pengembangan Media dan Strategi Pembelajaran Untuk Mengatasi Permasalahan Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pandemi Covid- 19. JGK (Jurnal Guru Kita), 4(3), 51–58. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jgkp/article/view/19472

Fahrina, A., Amelia, K., & Zahara, C. R. (2020). Peran Guru dan Keberlangsungan Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19 (Vol. 2).

Hussein, E., Daoud, S., Alrabaiah, H., & Badawi, R. (2020). Exploring undergraduate students’ attitudes towards emergency online learning during COVID-19: A case from the UAE. Children and Youth Services Review, 119, 105699. https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2020.105699

Kapasia, N., Paul, P., Roy, A., Saha, J., Zaveri, A., Mallick, R., Barman, B., Das, P., & Chouhan, P. (2020). Impact of lockdown on learning status of undergraduate and postgraduate students during COVID-19 pandemic in West Bengal, India. Children and Youth Services Review, 116, 105194. https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2020.105194

Lase, D., Ndraha, A., & Harefa, G. G. (2020). Persepsi Orangtua Siswa Sekolah Dasar di Kota Gunungsitoli Terhadap Kebijakan Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa Pandemi Covid-19. SUNDERMANN: Jurnal Ilmiah Teologi, Pendidikan, Sains, Humaniora Dan Kebudayaan, 13(2), 85–98. https://doi.org/10.36588/sundermann.v13i2.46

Malyana, A. (2020). Pelaksanaan Pembelajaran Daring dan Luring Dengan Metode Bimbingan Berkelanjutan Pada Guru Sekolah Dasar di Teluk Betung Utara Bandar Lampung. Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Indonesia, 2(1), 67–76. https://doi.org/10.52217/pedagogia.v2i1.640

Margolang, D., Safitri, S., & Puspita Sari, A. (2021). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Masa Pandemi Covid-19 (Kajian Persepsi Orang Tua Tentang Efektivitas Pembelajaran Berbasis Online Di Mis Al- Fajar Sei Mencirim). Al-Ulum: Jurnal Pendidikan Islam, 1(3). https://doi.org/10.30596/al-ulum.v%vi%i.87

Musdwiyeni, N. M., & Wulandari, I. G. A. A. (2021). Pelaksanaan pembelajaran daring berdasarkan persepsi orangtua. Indonesian Journal of Instruction, 2(1). https://doi.org/10.23887/IJI.V2I1.32761

Nur Atiqoh Bela Dina, L. (2020). Respon Orang Tua Terhadap Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. In Thufuli : Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia Dini (Vol. 2, Issue 1). http://riset.unisma.ac.id/index.php/fai/index

Pratama, R. E., & Mulyati, S. (2020). Pembelajaran Daring dan Luring pada Masa Pandemi Covid-19. Gagasan Pendidikan Indonesia, 1(2), 49. https://doi.org/10.30870/gpi.v1i2.9405

Rahma, R., & Safarati, N. (2021). Dampak Pembelajaran Daring Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Selama Pandemic Covid 19. Genta Mulia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(1). https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/gm/article/view/561

Rahman, A., & Lalu, S. U. (2020). Kebijakan Pemerintah Dalam Pengendalian Covid-19 Di Propinsi Nusa Tenggara Barat. In Jurnal Ilmu Pemerintahan Suara Khatulistiwa (Vol. 5, Issue 2). https://doi.org/10.33701/JIPSK.V5I2.1398

Sabiq, A. F. (2020). Persepsi Orang Tua Siswa tentang Kegiatan Belajar di Rumah sebagai Dampak Penyebaran Covid 19. Civic-Culture : Jurnal Ilmu Pendidikan PKN Dan Sosial Budaya, 4(1), 1–7. https://www.liputan6.com/news/read/4227077/update-corona-selasa-14-

Sakti, B. P. (2021). Persepsi Orang Tua Terhadap Pembelajaran Daring: Studi Pada Sebuah Sekolah Dasar Di Pinggiran Klaten. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1), 58–65. https://doi.org/10.37478/jpm.v2i1.864

Sari, W., Rifki, A. M., & Karmila, M. (2020). Analisis K. Jurnal MAPPESONA, 1, 12. https://jurnal.iain-bone.ac.id/index.php/mappesona/article/view/830/562

Suhairi, S., & Santi, J. (2021). Model Manajemen Pembelajaran Blended Learning pada Masa Pandemi Covid-19. Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia, 6(4). https://jurnal.syntaxliterate.co.id/index.php/syntax-literate/article/view/2472/2053

Suyono. (2020). Manajemen Pembelajaran Berbasis Daring Dalam Rangka Memutus Mata Rantai Penularan Covid-19 Di Perguruan Tinggi Swasta Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (Lldikti) Wilayah Vii. Ed-Humanistics : Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(1), 662–666. https://doi.org/10.33752/ed-humanistics.v5i1.708

Thamrin, L. (2020). Pembelajaran Daring Dosen Native Tiongkok terhadap Mahasiswa FKIP Universitas Tanjungpura. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, Dan Asing, 3(2), 406–427. https://doi.org/10.31540/silamparibisa.v3i2.1145

Ulfia, N. (2020). Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19: Refleksi Para Siswa. In Prosiding Nasional Pendidikan: LPPM IKIP PGRI Bojonegoro (Vol. 1, Issue 1). https://tirto.id/segudang-masalah-belajar-dari-rumah-karena-corona-


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.