ANALISIS PEMANFAATAN LITERASI DAN NUMERASI DI SD INPRES MANGGALA KOTA MAKASSAR

Authors

  • Nur Rahmi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Megarezky, Makassar, Indonesia
  • Jusmawati Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Megarezky, Makassar, Indonesia
  • R. Supardi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Megarezky, Makassar, Indonesia
  • Nurhadifah Amaliyah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Megarezky, Makassar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.61290/gm.v14i1.675

Keywords:

Literasi, Numerasi, Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan literasi dan numerasi di SD Inpres Manggala Kota Makassar apakah sudah efektif diterapkan atau tidak efektif. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data yaitu: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah sebanyak 5 orang diantaranya 1 orang kepala sekolah, 1 orang guru dan 3 orang siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan hasil pemanfaatan literasi dan numerasi sudah efektif. Hal ini dikarenakan sudah difasilitasi perpustakaan oleh Sekolah, menyediakan pojok baca di kelas, menyiapkan berbagai macam buku bacaan, sehingga memotivasi siswa untuk terus meningkatkan literasi dan numerasi yang diterapkan oleh guru serta antusias siswa dalam pemanfataan literasi dan numerasi di sekolah.

Downloads

Published

2023-01-31