PENGEMBANGAN BAHAN AJAR HANDOUT DENGAN PENDEKATAN ETNOMATEMATIKA BERBASIS BUDAYA LOKAL DI BANTEN

Teti Trisnawati, Sastra Wijaya

Abstract


Abstract

Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk membuat dan mengembangkan bahan ajar handout dengan pendekatan etnomatematika berbasis budaya lokal di Banten pada pokok bahasan transformasi geometri dan untuk mengetahui bagaimana sikap siswa terhadap pendekatan etnomatematika. Model penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan oleh Sugiyono. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu: angket dan observasi. Bahan ajar handout dengan pendekatan etnomatematika berbasis budaya lokal di Banten divalidasi oleh para ahli yang terdiri dari ahli dua pendidikan yaitu ahli media pembelajaran berupa bahan ajar handout dan dua ahli matematika yaitu ahli materi bahan ajar handout, selanjutnya bahan ajar diuji cobakan pada siswa kelas XI SMA IT Darussalam. Berdasarkan hasil validasi ini menunjukan bahwa validasi ahli media pembelajaran I berada pada kualifikasi sangat baik dengan 87,5%, validasi ahli materi pembelajaran I berada pada kualifikasi sangat baik dengan 81,3%, validasi ahli materi pembelajaran II berada pada kualifikasi baik dengan 80,00%, dan uji coba kelompok luas berada pada kualifikasi baik dengan 72,63%. Dengan demikian bahan ajar handout dengan pendekatan etnomatematika berbasis budaya lokal Banten dapat digunakan sebagai alternativ pilihan pada pokok bahasan transformasi geometri.

 

Kata Kunci: handout, Etnomatematika, Budaya Lokal Banten.


Full Text:

PDF

References


Aini, Purnama E. (2017) Pengembangan Handout Melalui Pendekatan Etnomatematika Berbasis Budaya Local Pada Materi Bangun Datar Kelas VII. Terdapat pada : https://docplayer.info/88131507-Pengembangan-handout-melalui-pendekatan-etnomatematika-berbasis-budaya-lokal-pada-materi-bangun-datar-kelas-vii-smp-20-bandar-lampung-skripsi.html diakses pada tanggal 30 agustus 2019

Anggraini, Resi, dkk (2015). Telaah Materi Geometri Transformasi di Sekolah Menengah Atas. Tersedia pada : https://www.academia.edu/15664818/TELAAH_MATERI_GEOMETRI_TRANSFORMASI_SMA diakses pada tanggal 26 mei 2019

D’Ambrosio, Ubiratan. (2001). What is Ethnomathematics, and how can it help children in school?. Jurnal National Council of Teachers of Mathematics Volume 7. Tersedia pada: http://etnomatematica.org/articulos/Ambrosio1.pdf diakses pada tanggal 24 juli 2019

Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Panduan Penulisan Bahan Ajar. Tersedia pada http://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=atri+bahan+ajar+dari+university+of+wolongsong+NSW+2522+Australia+2007&source=web&cd=5&ved=0CEEQFjAE&url=http%3A%2F%2Fgurupembaharu.com%2Fhome%2Fwp-content%2Fplugins%2Fdownloadmonitor%2Fdownload.php%3Fid%3D2890&ei=PnnSTv3mL6eViAe6uqy2CA&usg=AFQjCNG2UJsVTv4xRspF32PEZnHzVmAM9g&cad=rja. Diakses tanggal 24 juli 2019

Direktorat Pembinaan SMA. (2010). Juknis Pengembangan Bahan Ajar SMA. Tersedia pada: http://www.ebookspdf.org/view/aHR0cDovL3JwcHNpbGFidXN0ZXJiYXJ1LmNvbS93cC1jb250ZW50L3VwbG9hZHMvMjAxMy8wMi9KVUtOSVMtUEVOR0VNQkFOR0FOLUJBSEFOLUFKQVIucGRm/MjIuIEp1a25pcyBQZW5nZW1iYW5nYW4gQmFoYW4gQWphciBJc2ktcmV2aXNpIDExMTE=Diakses tanggal 4 oktober 2019.

Farida. (2015) “Mengembangkan Kemampuan Pemahaman Konsep Peserta Didik.” Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika.

Febrianti, Yeni. (2014) “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP” Tersedia pada http://repository.upi.edu diakses pada tanggal 17 oktober 2019

Hanafi, Miftah Rizqi, Dkk. (2013). Borobudur Smart Math, Aplikasi Media Pembelajaran Geometri Berbasis Ethnomatematika. E-Journal UNY. Tersedia Pada: http://Eprints.Uny.Ac.Id/10748/1/P%20-%2025.Pdf Diakses pada tanggal 24 juli 2019

Ilmi, Arif. (2016) Proposal Penelitian Pengembangan Media Adobe Flash CS3 dalam Pembelajaran Matematika Materi Bangun Ruang untuk Kelas IV/SD. Tersedia pada : https://www.academia.edu/27928764/PROPOSAL_PENELITIAN_R_and_D diakses pada tanggal 13 mei 2019

Maulana, Arief dan Tri Wijayanti. (2014) Penerapan Etnomatematika pada Pembelajaran Matematika Tingkat SMP. Tersedia pada : https://www.academia.edu/18090110/PENERAPAN_ETNOMATEMATIKA Diakses pada tanggal 12 Mei 2019

Nelson-Wong, E. (2014) "Influence of Presentation Handout Completeness on Student Learning in a Phisycal Therapy Curriculum." Journal of the Scholarship of Teaching and Learning.

Nur, Isman N. (2016). Pemanfaatan Program Geogebra Dalam Pembelajaran Matematika, Program Studi Pendidikan Matematika STKIP Kie Raha Ternate. Tersedia pada https://scholar.google.co.id/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=pemanfaatan+program+geogebra+dalam+pembelajaran+matematika&btnG= diakses pada tanggal 23 juli 2019

Putra, Nusa. (2012). Research and Development Penelitian dan Pengembangan Suatu Pengantar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Riduwan. (2014). Dasar-dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.

Rismayanti, Rufi. (2014). Pengembangan Modul Bergambar Sebagai Bahan Ajar Matematika Materi Pecahan Kelas IV Sekolah Dasar

Ristanty, Ditta. (2013). Pengaruh Globalisasi Terhadap Sikap Nasionalisme Di Kalangan Generasi Muda SMA Negeri I Kuningan. Skripsi FPIPS UPI : tidak diterbitkan. Tersedia pada : http://mulok.library.um.ac.id/artikel/01195KI10SKRIPSI%20BAHAN%20AJAR%20RME%20LENGKAP.pdf diakses pada 24 juli 2019

Rosa, M. & Orey, D. C. (2011). Ethnomathematics: the cultural aspects of mathematics. Jurnal Revista Latinoamericana de Etnomatemática, 4(2). 32-54. Terbit 16 Juni 2011. Tersedia pada: dialnet.unirioja.es/descarga/articulo/3738356.pdf. Diakses pada tanggal 24 juli 2019

Shirley, Lawrence. (2001) “Ethnomathematics as a Fundamental of Insrucional Methodology.”

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Supriadi, N. (2015) “Mengembangkan Kemampuan Koneksi Matematis melalui Buku Ajar Elektronik Interaktif (BAEI) yang Terintegrasi Nilai-Nilai Keislaman .” Jurnal Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika”

Tandililing, Edy. (2013). Pengembangan Pembelajaran Matematika Sekolah Dengan Pendekatan Etnomatematika Berbasis Budaya Lokal Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Matematika Di Sekolah.”

Utami, Marisca Puspa. (2013). Penerapan Pendekatan RME Berbasis Budaya Banten dengan Teknik Think Pair Share terhadap Pemahaman Konsep Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa. (Tidak diterbitkan).

Wahyuni, Islah. (2014). Proposal Penelitian Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Dengan Pendekatan Etnomatematika Berbasis Budaya Lokal di Banten pada Pokok Pembahasan Baris dan Deret untuk Siswa SMA Kelas X

Wahyuni, Astri dan Ayu Aji W.T. dan Budiman Sani. (2013). Peran Etnomatematika Dalam Membangun Karakter Bangsa. Jurnal Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta Pend

idikan Matematika.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.