STRATEGI PENDIDIKAN NON FORMAL UNTUK PEMBERDAYAAN MASYARAKAT PALUH MERBAU

Wiwik Lestari

Abstract


Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan profil masyarakat pesisir dan strategi pendidikan non formal untuk pemberdayaan masyarakat Paluh Merbau. Metode yang digunakan dalam penelitian lapangan ini adalah mixed method yang menggabungkan dua pendekatan sekaligus yakni pendekatan kualitatif dan pendekatan kuantitatif. Instrument yang digunakan adalah wawancara dan kuesioner. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan program pemberdayaan melalui berbagai pendidikan non formal masih belum menyentuh keseluruhan permasalahan masyarakat Paluh Merbau sehingga penelitian ini pada akhirnya menyimpulkan bahwa diperlukan wahana berfikir strategis sebagai upaya mengatasi berbagai permasalahan yang dihadapi masyarakat Paluh Merbau yang mampu menyentuh keseluruhan permasalahan.

 

Kata-kata kunci: pendidikan, non formal, pemberdayaan, masyarakat.


Full Text:

PDF

References


Agung, A., Juniantari, V., Suara, I. M., & Suardika, I. W. R. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Nht Berbantuan Multimedia Terhadap Hasil Belajar Ips Siswa Kelas V Sd Gugus Iii Kecamatan Gianyar Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar , Fip Universitas Pendidikan Ganesha. 2(1).

Amini, R., & Trisna, S. (2017). The development of research-based learning Pendekatan with science, environment, technology, and society approaches to improve critical thinking of students. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 6(2), 318–325. doi:10.15294/jpii.v6i2.10680.

Betri Alwen, D. (2014). Formulasi Strategi Penerapan Blended Learning dalam Implementasi Kurikulum di Jurusan KTP FIP Univesitas Negeri Padang, Jurnal Penelitian Pendidikan, 5(1), 22-30.

Depdiknas.2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara

Ekawati, M. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tema Iisiswa Kelas V..

Jannah, R., Ajar, B., & Ibtidaiyah, M. (2016). Pengembangan Buku Ajar Tematik Bernuansa Islami untuk Madrasah Ibtidaiyah/ Sekolah Dasar Islam INFORMASI ARTIKEL. 2(1), 1–16.

Kemendikbud. (2016). Panduan Teknis Pembelajaran Dan Penilaian Di Sekolah Dasar. Jakarta: Kemendikbud.

Leonel, M. S. (2016). Iosr Journal Of Economics And Finance, 3(1), 56. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.3929/Ethz-B-000238666.

Majid, Abdul. 2008. Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Murfiah. (2017). Model Pembelajaran Terpadu Di Sekolah Dasar Uum Murfiah (Dosen Prodi Pgsd Fkip Universitas Pasundan Bandung). 1(5), 57–69.

Murni Eva Marlina. (2013). Kurikulum 2013 Yang Berkarakter. Jurnal Jupiis 2085-482x, Vol 5(No 2), 27–38. Retrieved From Http://Jurnal.Unimed.Ac.Id/2012/Index.Php/Jupiis/Article/View/1112.

Purwanto, N.2006. Prinsip -Prinsip Dan Teknik Evaluasi Pembelajaran Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rosarina, G., Sudin, A., & Sujana, A. (2016). Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perubahan Wujud Benda. Pena Ilmiah, 1(1), 371-380.

Ramalis ,(2015). Pembelajaran Seni Budaya di Era Global (Sebuah Tantangan Baru yang Dihadapi oleh Pendidikan Seni). Proceeding Of Internasional Seminar On Languages and Arst (ISLA)(p. 296). Padang: Internasional Seminar On Languages and Arst (ISLA) conducted by FBS Universitas Negeri Padang. Internet. Diakses Sabtu, 11 Mei 2019

Sukardi, & Sugiyanti. (2013). Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar Berbasis Kurikulum 2013. Seminar Nasional Dan Bedah Buku Pendidikan Karakter Dalam Implementasi Kurikulum 2013, 146–158.

Sugiyono 2009. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta

Setianingrum, S. (2018). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Tematik Melalui Discovery Learning Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar.

Setyowati, E., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas 5 Sd Negeri Mangunsari.

Suryatara. 2012. Langkah- Langkah Mengembangkan Bahan Ajar. http://suryantara. wordpress.com.2011/2012.

Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu Dalam Teori Dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.