PENGEMBANGAN BUKU AJAR TEMATIK TERPADU BERBASIS MODEL DISCOVERY LEARNING KELAS IV SEKOLAH DASAR

Hary Raswel, Ramalis Hakim, Risda Amini, Alwen Bentri

Abstract


Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan buku ajar berbasis model Discovery Learning  yang valid, praktis, dan efektif. Menghasilkan buku ajar tematik terpadu berbasis model discovery learningdi kelas IV Sekolah Dasar yang valid. Menghasilkan buku ajar tematik terpadu berbasis model discovery learningdi kelas IV Sekolah Dasar yang praktis. Menghasilkan buku ajar tematik terpadu berbasis model discovery learningdi kelas IV Sekolah Dasar yang efektif. Penelitian pengembangan ini sesuai dengan tahap-tahap pengembangan 4-D yang terdiri dari pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (dessiminate). Validasi buku ajar dilakukan berdasarkan beberapa aspek yaitu aspek kelayakan isi, aspek kebahasaan, dan aspek kegrafikan. Hasil Validasi buku ajar dilakukan berdasarkan beberapa aspek yaitu aspek kelayakan isi, aspek kebahasaan, dan aspek kegrafikan. Hasil validasi ditinjau dari kelayakan isi memperoleh nilai rata-rata 3,36 dengan kategori  valid. Buku ajar ini dianggap sebagai inovasi baru dalam proses pembelajaran terlihat dari rata-rata respon guru 3,71 sangat praktis. Efektivitas buku ajar dalam penelitian ini, dapat dilihat dari penilaian hasil belajar dan sikap, pengetahuan dan keterampilan siswa setelah menggunakan buku ajar yang dihasilkan. Dari aspek sikap didapatkan nilai 82,26 dengan kriteria sudah membudaya.

 

Kata Kunci: Buku Ajar, Model Discovery Learning, Penelitian Pengembangan

 


Full Text:

PDF

References


Agung, A., Juniantari, V., Suara, I. M., & Suardika, I. W. R. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Nht Berbantuan Multimedia Terhadap Hasil Belajar Ips Siswa Kelas V Sd Gugus Iii Kecamatan Gianyar Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar , Fip Universitas Pendidikan Ganesha. 2(1).

Amini, R., & Trisna, S. (2017). The development of research-based learning Pendekatan with science, environment, technology, and society approaches to improve critical thinking of students. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 6(2), 318–325. doi:10.15294/jpii.v6i2.10680.

Betri Alwen, D. (2014). Formulasi Strategi Penerapan Blended Learning dalam Implementasi Kurikulum di Jurusan KTP FIP Univesitas Negeri Padang, Jurnal Penelitian Pendidikan, 5(1), 22-30.

Depdiknas.2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara

Ekawati, M. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tema Iisiswa Kelas V..

Jannah, R., Ajar, B., & Ibtidaiyah, M. (2016). Pengembangan Buku Ajar Tematik Bernuansa Islami untuk Madrasah Ibtidaiyah/ Sekolah Dasar Islam INFORMASI ARTIKEL. 2(1), 1–16.

Kemendikbud. (2016). Panduan Teknis Pembelajaran Dan Penilaian Di Sekolah Dasar. Jakarta: Kemendikbud.

Leonel, M. S. (2016). Iosr Journal Of Economics And Finance, 3(1), 56. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.3929/Ethz-B-000238666.

Majid, Abdul. 2008. Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Murfiah. (2017). Model Pembelajaran Terpadu Di Sekolah Dasar Uum Murfiah (Dosen Prodi Pgsd Fkip Universitas Pasundan Bandung). 1(5), 57–69.

Murni Eva Marlina. (2013). Kurikulum 2013 Yang Berkarakter. Jurnal Jupiis 2085-482x, Vol 5(No 2), 27–38. Retrieved From Http://Jurnal.Unimed.Ac.Id/2012/Index.Php/Jupiis/Article/View/1112.

Purwanto, N.2006. Prinsip -Prinsip Dan Teknik Evaluasi Pembelajaran Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rosarina, G., Sudin, A., & Sujana, A. (2016). Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perubahan Wujud Benda. Pena Ilmiah, 1(1), 371-380.

Ramalis ,(2015). Pembelajaran Seni Budaya di Era Global (Sebuah Tantangan Baru yang Dihadapi oleh Pendidikan Seni). Proceeding Of Internasional Seminar On Languages and Arst (ISLA)(p. 296). Padang: Internasional Seminar On Languages and Arst (ISLA) conducted by FBS Universitas Negeri Padang. Internet. Diakses Sabtu, 11 Mei 2019

Sukardi, & Sugiyanti. (2013). Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar Berbasis Kurikulum 2013. Seminar Nasional Dan Bedah Buku Pendidikan Karakter Dalam Implementasi Kurikulum 2013, 146–158.

Sugiyono 2009. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta

Setianingrum, S. (2018). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Tematik Melalui Discovery Learning Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar.

Setyowati, E., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas 5 Sd Negeri Mangunsari.

Suryatara. 2012. Langkah- Langkah Mengembangkan Bahan Ajar. http://suryantara. wordpress.com.2011/2012.

Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu Dalam Teori Dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.