TINJAUAN MINAT BELAJAR MAHASISWA TEKNIK TERHADAP PENGGUNAAN MEDIA E-LEARNING DALAM PERKULIAHAN KIMIA DASAR

Eliyarti Eliyarti, Chichi Rahayu

Abstract


Abstract

Minat sangat dibutuhkan dalam kegiatan belajar. Minat belajar mendorong mahasiswa untuk semakin termotivasi dalam perkuliahan. Penggunaan teknologi e-learning berbasis web diharapkan akan memperkaya pengalaman belajar sehingga miat belajar mahasiswa semakin baik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan minat belajar mahasiswa teknik terhadap penggunaan media e-learning dalam perkuliahan kimia dasar. Jenis penelitian yang digunakan adalah deksriptif kualitatif. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa tingkat I Fakultas Teknik dan Perencanaan Universitas Ekasakti dalam perkuliahan Kimia Dasar semester ganjil 2019/2020 berjumlah 80 orang yang dipilih dengan teknik simple random sampling. Teknik pengumpul data yang digunakan adalah teknik nontes berupa lembar pengamatan. Lembar pengamatan memuat empat indikator minat belajar mahasiswa. Setiap indikator memiliki rentang skor satu sampai lima. Penilaian dilakukan dengan memberi skor pada setiap indikator. Berdasarkan hasil analisis data secara keseluruhan rata-rata persentase indikator minat mahasiswa pada keempat pertemuan dengan uraian sebagai berikut; perasaan senang sebanyak 70,43%, keterlibatan 71%, ketertarikan 72% dan perhatian 73%. Rata-rata persentase keempat indikator ini berada pada range 60  ≤ N  ≤ 75 dengan kategori cukup. Hal ini menunjukan minat belajar mahasiswa semakin baik dalam perkuliahan menggunakan media e-learning.

 

Kata-kata kunci: Minat belajar, media e-learning, kimia dasar


Full Text:

PDF

References


Dewi, L. (2017). Designing Online Learning in Higher education Institution: Case Study in Curriculum and Instruction Course at Indonesia University of Education. Edutech, 16(2), 205–221.

Djamarah, S. B. (2015). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Eliyarti, E., & Rahayu, C. (2019a). Deskripsi Efektivitas Kegiatan Praktikum Dalam Perkuliahan Kimia Dasar Mahasiswa Teknik. Edu Sains : Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 7(2), 51–60.

Eliyarti, E., & Rahayu, C. (2019b). Tinjauan Motivasi Berprestasi Mahasiswa Teknik Dalam Perkuliahan Kimia Dasar. Jurnal Pendidikan Glasser, 3(2), 196–204.

Eliyarti, E., Rahayu, C., & Zakirman, Z. (2020). Penerapan Bahan Ajar Fisika Dengan Variasi Bentuk Tugas Berbasis Web Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Teknik. Jurnal Pendidikan Fisika, 10(2), 82–90.

Fauzan, F., & Arifin, F. (2019). The Effectiveness of Google Classroom Media on the Students ’ Learning Outcomes of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education Department. AL IBTIDA: Jurnal Pendidikan Guru MI, 6(2), 271–285.

Herayanti, L., Fuadunnazmi, M., & Habibi, H. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Moodle Pada Matakuliah Fisika Dasar. Cakrawala Pendidikan, XXXVI(2), 210–219.

Hidayatulah, A. H., Yushardi, Y., & Wahyuni, S. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Web Interaktif Dengan Aplikasi E-Learning Moodle Pada Pokok Bahasan Besaran Dan Satuan di SMA. Jurnal Pendidikan Fisika, 4(2), 110–115.

Kambuaya, C. (2015). Pengaruh Motivasi, Minat, Kedisisplinan dan Adaptasi Diri Terhadap Prestasi Belajar Siswa Peserta Program Afirmasi Pendidikan Menengah Asal Papua dan Papua Barat di Kota Bandung. Social Work Jurnal, 5(2), 157–166.

Pratiwi, N. K. (2015). Pengaruh Tingkat Pendidikan, Perhatian Orang Tua, dan Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa SMK Kesehatan di Kota Tangerang. Jurnal Pujangga, 1(2), 75–105.

Purwanto, N. (2010). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Jakarta: Rosda.

Putri, S. D., Ulhusna, M., Zakirman, Z., & Gusta, W. (2020). Improvement of Student Science Literacy Skills Through Edmodo- Based Teaching Materials in Learning Science in Elementary School. International Journal of Scientific & Technology Research (IJSTR), 9(03), 4649–4652.

Rahayu, C., & Eliyarti, E. (2019). Implementation of Physics Learning Materials Based Generative Learning With Open-Ended Problem Approach To Stimulate Critical Thinking Skills. JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika), 4(2), 99. https://doi.org/10.26737/jipf.v4i2.1096

Rozikin, S., Amir, H., & Rohiat, S. (2018). Hubungan Minat Belajar Siswa Dengan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kimia di SMA Negeri 1 Tebat Karai dan SMA Negeri 1 Kabupaten Kepahiang. ALOTROP, Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Kimia, 2(1), 78–81.

Sequeira, A. H. (2017). Introduction to concepts of teaching and learning. (September 2012).

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Tambunan, H. (2013). Pengembangan Pembelajaran Berbasis Website Dalam Matakuliah Pengaturan Mesin Listrik. Cakrawala Pendidikan, XXXII(1), 64–76.

Zaenal, A., & Muhammad Taufik, I. (2018). Perbandingan tujuan pendidikan untuk membentuk manusia ideal menurut Paulo Freire dan Muhammad Iqbal. Suhuf, 30(1), 1–18.

Zakirman, Z. (2017). Pengelompokan Gaya Belajar Mahasiswa Menurut Teori Honey Mumford Berdasarkan Intensitas Kunjungan Pustaka. RISTEKDIK, 4(1), 1–6.

Zakirman, Z. (2019). Peningkatan Minat Baca Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Play-Think-Pair-Share di SDN 19 Nan Sabaris. Shaut Al-Maktabah: Jurnal Perpustakaan, Arsip Dan Dokumentasi, 11(1), 41–51. https://doi.org/10.15548/shaut.v11i1.162

Zakirman, Z., & Rahayu, C. (2018). Popularitas WhatsApp sebagai Media Komunikasi dan Berbagi Informasi Akademik Mahasiswa. Shaut Al-Maktabah: Jurnal Perpustakaan, Arsip Dan Dokumentasi, 10(1), 27–38.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.