EFEKTIFITAS PENGGUNAAN E-MODUL MATA PELAJARAN ADMINISTRASI INFRASTRUKTUR JARINGAN

Khusnatul Amaliah, M. Frans Diantoro, Sahrul Alan Setiawan

Abstract


Abstract

Bahan ajar yang menarik merupakan salah satu cara yang dapat digunakan untuk membuat siswa fokus dalam proses pembelajaran. E-modul menjadi salah satu media yang dapat digunakan secara mandiri oleh siswa kapanpun dan dimanapun tanpa jaringan internet. Kelengkapan materi yang disajikan dengan adanya teks, gambar dan video tutorial yang dapat diakses secara offline dapat mempermudah siswa untuk mengakses materi tanpa harus terbatas waktu. Matapelajaran Administrasi Infrastruktur Jaringan yang menjadi salah satu matapelajaran produktif pada SMK jurusan Teknologi Komputer dan Jaringan perlu menerapkan pembelajaran matapelakaran produktif dilakukan dengan metode praktikum untuk memberikan pemahaman lebih pada siswa. Proses belajar yang dilakukan secara daring saat ini dapat dibantu dengan penggunaan E-modul yang merupakan salah satu solusi penerapan teknologi yang dapat digunakan pada pembelajaran mandiri.

 

Kata-kata kunci: Administrasi Infrastruktur Jaringan, E-Modul, Efektifitas

Full Text:

PDF

References


Abdullah, W. (2018). Model Blended Learning dalam Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran. Fikrotuna, 7(1), 855–866. https://doi.org/10.32806/jf.v7i1.3169

Arsal, M., Danial, M., & Hala, Y. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran E-Modul Materi Sistem Peredaran Darah Pada Kelas XI MIPA SMAN 6 Barru The Development of E-Module Learning Media of Blood Circulatory System In Grade XI MIPA at SMAN 6 Barru. 434–442.

Erdi, P. N., & Padwa, T. R. (2021). PENGGUNAAN E-MODUL DENGAN SISTEM PROJECT BASED LEARNING. 1(1), 21–25.

Ghulamudin, M., Maufur, & Habibi, B. (2020). Penggunaan Aplikasi Google Classroom Sebagai Metode Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19. 14(2), 1–7.

Patri, S. F. D., & Heswari, S. (2021). EFEKTIVITAS E-MODUL MATEMATIKA BERBASIS KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS. 6(1), 1–8.

Putra, K. W. B., Wirawan, I. M. A., & Pradnyana, G. A. (2017). Pengembangan E-Modul Berbasis Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Mata Pelajaran “Sistem Komputer” Untuk Siswa Kelas X Multimedia Smk Negeri 3 Singaraja. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 14(1), 40–49. https://doi.org/10.23887/jptk.v14i1.9880

Ramadhani, R., & Fitri, Y. (2020). Pengembangan E-Modul Matematika Berbasis Model Flipped-Blended Learning. Genta Mulia, 11(2), 150–163.

UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 20 TAHUN 2003 TENTANG SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL, (2003).

UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA. (2018). Undang Undang Nomor 6 tahun 2018 tentang Kekarantinaan Wilayah. National Standardization Agency of Indonesia, 31–34.

Winatha, K. R., Suharsono, N., & Agustin, K. (2018). Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Proyek Mata Pelajaran Simulasi Digital. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 15(2), 188–199. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPTK/article/viewFile/14021/9438


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.