UTILITAS POLA KELEKATAN IBU-ANAK BAGI PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI

Musnizar Safari, Vinny Aryesha

Abstract


Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola kelekatan yang dimiliki anak dengan ibu dan utilitasnya bagi perkembangan anak usia dini. Pendekatan penelitian secara kualitatif jenis deskriptif. Subjek penelitian adalah ibu dari murid TK Tahfiz sebanyak 16 orang. Data diperoleh melalui penyebaran skala. Data dianalisis dengan pola persentase dan deskriptif kualitatif. Hasil temuan dari penelitian ini bahwa pola hubungan kelekatan anak dengan ibu adalah pola kelekatan aman 100%. Pola kelekatan aman akan membawa anak pada perkembangan psikis yang baik yang tentu saja sangat bermanfaat bagi masa depan anak. Anak yang tumbuh dan berkembang dalam pola kelekatan aman akan memiliki motivasi tinggi dan kesiapan belajar yang baik juga rasa percaya diri, sehingga mereka dapat bersosialisi dengan menyenangkan, mampu mengontrol emosi, serta berkarakter.

 

Kata-kata kunci: interaksi, kelekatan, perkembangan, usia dini.


Full Text:

PDF

References


Anapratiwi, D., Handayani, S. S. D., & Kurniawati, Y. (2013). Hubungan Antara Kelekatan Anak pada Ibu dengan Kemampuan Sosialisasi Anak Usia 4-5 Tahun (Studi pada RA Sinar Pelangi dan RA Al Iman Kecamatan Gunungpati, Semarang). Indonesian Journal of Early Childhood Education Studies (IJECES), 2(2), 21–28.

Azwar, S. (2012). Penyusunan Skala Psikologi (2nd ed.). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Cenceng. (2015). Perilaku Kelekatan pada Anak Usia Dini (Perspektif John Bowlby). Jurnal: Lentera, 17(2), 141–153. https://doi.org/10.21093/lj.v17i2.437

Monica, A. E. (2017). Hubungan Kelekatan Orangtua-Anak dengan Kepercayaan Diri Santri Pondok Pesantren di Surakarta [Universitas Muhammadiyah Surakarta]. http://eprints.ums.ac.id/53306/1/01.NASKAH PUBLIKASI.pdf

Nurhayati, D. (2011, 03 Desember). Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika Ditinjau dari Kelekatan Anak-Orang Tua. Prosiding: Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 60–69. https://core.ac.uk/download/pdf/11064927.pdf

Nurhidayah, S. (2011). Kelekatan (Attachment) dan Pembentukan Karakter. Turats, 7(2), 78–83. https://www.academia.edu/10379277/Kelekatan_Attachment_dan_Pembentukan_Karakter

Papalia, D. E., & Feldman, R. D. (2014). Menyelami Perkembangan Manusia (M. Masykur (ed.); 12th ed.). Jakarta: Salemba Humanika.

Prastika, D. (2015). Hubungan antara Attachment yang Diberikan Orang Tua dengan Bentuk-bentuk Interaksi Sosial Anak Usia 4-5 Tahun di Kawasan Bandungan Semarang [Universitas Negeri Semarang]. http://lib.unnes.ac.id/22577/1/1 [Universitas Negeri Semarang]. http://lib.unnes.ac.id/22577/1/1601410015-s.pdf

Safari, M. (2020a). Kesiapan Anak Masuk PAUD Ditinjau dari Figur Lekat. Laporan Penelitian, Tidak Diterbitkan. Banda Aceh: STKIP An-Nur Nanggro Aceh.

Safari, M. (2020b). Psikologi Pendidikan Anak Usia Dini. Riau: DOTPLUS Publisher.

Sari, H. R., Nurdin, S., & Husen, M. (2017). Hubungan Kelekatan Orangtua pada Anak dengan Nilai-nilai Karakter Dasar Siswa SMP Negeri 3 Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling, 2(1), 39–47. http://jim.unsyiah.ac.id/pbk/article/view/2029

Soetjiningsih, C. H. (2012). Perkembangan Anak: Sejak Pembuahan sampai dengan Kanak-kanak Akhir. Jakarta: Prenada Media Group.

Taylor, S. E., Peplau, L. A., & Sears, D. O. (2012). Psikologi Sosial (2nd ed.). Jakarta:Prenada Media Group.

Wijirahayu, A., Krisnatuti, D., & Muflikhati, I. (2016). Kelekatan Ibu-anak, Pertumbuhan Anak, dan Perkembangan Sosial Emosi Anak Usia Prasekolah. Jurnal Ilmu Keluarga & Konsumen, 9(3), 171–182. https://doi.org/10.24156/jikk.2016.9.3.171


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.