ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN TERHADAP CARA MENGAJAR GURU UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA

Nurjannah Nurjannah, Agus Kistian, Ida Cahyana

Abstract


Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui model pembelajaran terhadap cara mengajar guru untuk meningkatkan minat belajar siswa  pada materi penggolongan hewan di kelas V SD Negeri Pante Cermin. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana analisis model pembelajaran terhadap cara mengajar guru untuk meningkatkan minat belajar siswa. Masalah yang terjadi pada saat melakukan penelitian ialah guru tidak menggunakan model ajar dikarenakan siswa terfokus pada media ajar bukan pada materi ajarnya, siswa juga memilki minat belajar yang rendah mengakibatkan siswa tidak focus belajar.Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian Deskriptif.Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan Kualitatif. Subjek dari penelitian ini adalah Guru dan siswa kelas V SD Negeri Pante Cermin Tahun pelajaran 2018/2019. Siswa-siswi kelas V sebanyak 30 orang, laki-laki berjumlah 17 orang dan perempuan berjumlah 13 orang.Objek penelitian ini adalah model-model pembelajaran.Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah Observasi, Wawancara, Angket dan Dokumentasi.Dan teknik analisa data yang digunakan adalah skala Guttman. Hasil dari penelitian ini adalah Rendahnya Minat Belajar Siswa dikarenakan guru tidak menerapkan model ajar ketika pembelajaran berlangsung khususnya pada saat belajar materi tentang penggolongan hewan, Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa guru jarang menerapkan model ajar pada saat proses pembelajaran mengakibatkan beberapa siswa yang memiliki minat belajar yang kurang di kelas V SD Negeri Pante Cermin.

 

Kata Kunci : Rendahnya Minat Belajar, Penggolongan Hewan, Deskriptif

Full Text:

PDF

References


F. Daftar Pustaka

Cythia, E. Mulyasa. 2010. Model Persiapan Mengajar ( Model Ropers Dan Model Satuan Mengajar ). Bandung: Sinar Baru Algesindo. Jurnal: Online, diakses tanggal 23 Mei 2018.

Djamarah.dan Aswan. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta. Cet.III

Heri Retnawati. (2015). Hambatan Guru Metamtika Sekolah Menengah Pertama Dalam Menerapkan Kurikulum Baru. Jurnal Cakrawala Pendidikan, Th XXXIV (3) , 390-403.

Hilda Saranita M dan Supramono.(2015). Analisis Akar Masalah Ketidakefektifan manajemen Kelas di Sekolah Dasar di Salatiga dan Sekitarnya. Jurnal Kelola (Jurnal Manajemen Pendidikan), 2(2), 221-235.

Mulyasa. 2013. Model Persiapan Mengajar ( Model Ropers Dan Model Satuan Mengajar). Bandung: Sinar Baru Algesindo. Jurnal: Online, diakses tanggal 23 Mei 2018.

Shoimin, 2014.Fungsi Model Pembelajaran.Bandung: Sinar Baru Algesindo

Soewarso. 2000.Tindakan Pembelajaran Dalam Kerangka Pendidikan Secara Luas. Bandung: Sinar Baru Algesindo

Syamsul Bahri. (2011). Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Guru SD di Dataran Tinggimonco Gowa. Jurnal Medtek, Vol 3, No 2 (Oktober 2011)

Titik Rosilawati. (2014). Supervisi Akademik dalam Upaya Peningkatan Motivasi Guru Menyusun Perangkat Persiapan Pembelajaran. Jurnal Penelitian Pendidikan Tindakan Sekolah , Vol 1 (No 2), 57-62.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.