IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA PERGURUAN TINGGI KEAGAMAAN ISLAM

Palah Palah, Ayub Ahmad FA, Uus Ruswandi, Bambang Samsul Arifin

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan mendalami tentang pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi pustaka yaitu dengan menganalisis sumber rujukan, data dan fakta serta berbagai literatur yang berkaitan dengan penelitian ini. Hasil dari penelitian, meliputi: Pertama, Peningkatan kualitas pembelajaran pendidikan agama Islam pada perguruan tinggi sangat besar perannya dalam konteks pembangunan manusia.. Kedua, Program pendidikan agama Islam didorong untuk mampu mengembangkan keimanan dan ketakwaan mahasiswa sebagai calon ilmuwan dan tenaga profesional. Ketiga, Tingkat pencapaian mahasiswa diarahkan pada tiga domain yaitu: dari segi kognitif, seharusnya pendidikan agama Islam telah memasuki tingkat analisis, sintesis, dan evaluasi. Dari segi afektif seharusnya telah sampai pada tingkat valuing, organizing, characteristic. Dan dari segi psikomotorik seharusnya telah sampai pada tingkat precision, articulation, naturalization. Keempat, langkah-langkah pembelajaran Pendidikan Agama Islam meliputi: menentukan tujuan, mempelajari karakteristik peserta didik, menentukan proses pembelajaran, dan cara memotivasi, memilih dan melaksanakan pengajaran, dan melakukan evaluasi terhadap proses pembelajaran.

 

Kata Kunci: Pembelajaran; pendidikan agama islam; perguruan tinggi.


Full Text:

PDF

References


Arifin, Z. (2014). Penelitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru. Remaja Rodakarya.

Bustari, M. (2008). Pendidikan Moral Di Perguruan Tinggi Melalui Implementasi Kontrak Belajar Di Dalam Perkuliahan (Suatu Alternatif). Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(2), 31–39.

Djemari Mardapi. (1999). Metodologi Pendidikan Agama Islam Di Perguruan Tinggi Umum Menghadapi Heterogenitas Nilai Sekularisasi Dalam Dinamika Pemikiran Islam Di Perguruan Tinggi. Logos Wacana Ilmu.

Djohar. (1999). Pemberdayaan Dosen Dalam Rangka Optimalisasi Pendidikan Agama Islam di Perguruan Tinggi dalam Dinamika Pemikiran Islam di Perguruan Tinggi. Logos Wacana Ilmu.

Djuwarijah, D. (2008). Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia Melalui Pendidikan Islam. El-Tarbawi, 1(1), 13–26. https://doi.org/10.20885/tarbawi.vol1.iss1.art2

Fitria, N., Hernawati, T., & Hidayati, N. O. (1970). Adversity Quotient Mahasiswa Baru yang Mengikuti Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jurnal Keperawatan Padjadjaran, 1(2), 99–105. https://doi.org/10.24198/jkp.v1i2.57

Heman Hudojo. (1999). Tolok Ukur Dan Sistem Evaluasi Terhadap Keberhasilan Pengajaran Pendidikan Agama Islam Di Perguruan Tinggi Dalam Dinamika Pemikiran Islam Di Perguruan Tinggi. Logos Wacana Ilmu.

Isjoni. (2007). Cooperatif Learning: Mengembangkan Kemampuan Belajar Berkelompok. ALFABETA.

Jandra, M. (2018). Pendidikan Islam dan Lapangan Kerja. Panangkaran: Jurnal Penelitian Agama Dan Masyarakat, 2(1), 121. https://doi.org/10.14421/panangkaran.2018.0201-07

Moleong, L. J. (2012). Metode Penelitian Kualitatif (cet ke-30). Remaja Rodakarya.

Nasution, S. (2006). Metode Research (Penelitian Ilmiah). Bumi Aksara.

Nurcholis Madjid. (1999). Masalah Pendidikan Agama Di Perguruan Tinggi Umum. Logos Wacana Ilmu.

Pribadi, B. A. (2015). Model Desain Sistem Pembelajaran. Dian Rakyat.

Qiqi Yuliati Zakiyah. (2014). Model Pembelajaran Brain Based Learning dan Optimalisasi Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. GP Press.

Rahman, A. (2012). Pendidikan Agama Islam dan Pendidikan Islam - Tinjauan Epistemologi Dan Isi - Materi. Eksis, 8(1), 2053–2059.

Rozi, B. (2020). Pendidikan Islam di Era Revolusi Industri 4.0. In A. Rahamn (Ed.), Jurnal Pendidikan Islam (1st ed.). Komojoyo Press. https://doi.org/10.38073/jpi.v9i1.204

Rusdiana, A. (2017). Pemikiran Ahmad Tafsir tentang Manajemen Pembentuk Insan Kamil. At-Tarbawi: Jurnal Kajian Kependidikan Islam, 2(2), 97. https://doi.org/10.22515/attarbawi.v2i2.978

Sagala, S. (2006). Konsep dan makna Pembelajaran. ALFABETA.

Sanaky, H. A. H. (2008). Permasalahan dan Penataan Pendidikan Islam Menuju Pendidikan yang Bermutu. El-Tarbawi, 1(1), 83–97. https://doi.org/10.20885/tarbawi.vol1.iss1.art7

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D (24th ed.). Alfabeta.

Supardan, D. (2011). Tantangan Nasionalisme Indonesia dalam Era Globalisasi. Jurnal Ilmu-Ilmu Sejarah, Budaya Dan Sosial LENTERA, 2(4), 37–72.

Surur, M. (2010). Problematika Pendidikan Moral di Sekolah dan Upaya Pemecahannya. Jurnal Fikroh, 4(2), 125–136.

Surya, M. (2004). Psikologi Pembelajaran Dan Pengajaran. Pustaka Bani Quraisy.

Towaf, S. M. (1999). Pendekatan Kontekstual Bagi Pendidikan Agama Islam di Perguruan Tinggi Umum dalam Dinamika Pemikiran Islam di Perguruan Tinggi (1st ed.). Logos Wacana Ilmu.

Trinova, Z. (2013). Pembelajaran Berbasis Student-Centered Learning Pada Materi Pendidikan Agama Islam. Al-Ta Lim Journal, 20(1), 324–335. https://doi.org/10.15548/jt.v20i1.28

Uus Ruswandi. (2004). Orientasi Pendidikan Umum dan Metode Pembinaan Akhlak Remaja dalam Cakrawala Pemikiran Pendidikan Islam. Mimbar Pustaka.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.