EFEKTIFITAS METODE EKSPERIMEN TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA MATERI SISTIM REPRODUKSI VEGETATIF BUATAN

Gardis Andari, Adrianus Adrianus, Novike Bela Sumanik

Abstract


Abstract

Penelitian tentang Penggunaan Metode Eksperimen pada Pem6elajaran Materi sistim reproduksi vegetative buatan pada tumbuhan bertujuan untuk mengetahui hasil belajar pesertadidik . .             . . Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas dengan metode pembelajaran eksperimen pada materi sistim reproduksi vegetative buatan pada tumbuhan. Subyek Penelitian ini yaitu mahasiswa semester 1 tahun ajaran 2019/2020 Jurusan Peternakan Universitas Musamus dengan jumlah pesertadidik sebanyak 33 pesertadidik Rentang nilai lulusan menurut Jurusan Peternakan Universitas Musamus adalah sebagai berikut 80 – 100 = A, 70-79 = B, 60-69 = C. 50-59 = D. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan terhadap Jumlah persentase ketuntasan belajar pesertadidik yaitu dari 45% meningkat menjadi 85% dan jumlah presentase pesertadidik yang tidak tuntas berkurang dari 55% menjadi 15%. Nilai rata-rata pesertadidik juga mengalami peningkatan dari 48,40 meningkat menjadi 72,5. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu bahwa metode pembelajaran eksperimen efektif digunakan terhadap hasil belajar biologi khususnya pada materi sistim reproduksi vegetative buatan pada tumbuhan mahasiswa smster satu jurusan peternakan universitas musamus.

 

Kata-kata kunci: Metode, Eksperimen, Biologi.


Full Text:

PDF

References


E. Daftar Pustaka

Carin, A. A., & Sund, R.B. 1990. Teaching Modern Science. New York: Merril Publishing Company. Dahlanforum, (2009). Pencemaran Lingkungan.

Nur dan Retno. 2000. Pengajaran Berpusat pada Siswa dan Pendekatan Konstruktivis dalam Pengajaran. Surabaya : University Press Unessa.

Pudyo Susanto. 1999. Strategi Pembelajaran Biologi Di Sekolah Menengah. Malang: Fakultas MIPA UNM.

Richardson, Jhon S. 1957. Science Teaching in Secondary Schools. Ohio: Prentice-Hall

Wati Oviana dan Maulidar. 2013. Penggunaan Metode Eksperimen Pada Pembelajaran Materi Sifat Bahan dan Kegunaannya Terhadap Hasil dan Respon Belajar Siswa Kelas IV Min Tungkob Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Didaktika Februari 2013 Vol. XIII, No. 2, 336-350


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.