PENGEMBANGAN E-MODUL SUHU DAN KALOR BERORIENTASI PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HIGHER ORDER THINGKING SKILLS (HOTS)

Authors

  • Fisa Wisnu Wijaya STKIP Pangeran Antarsari
  • Suyanto STKIP Pangeran Antasari
  • Taufiqqurachman STKIP Pangeran Antasari
  • Muhammad Raihan Febriansyah STKIP Pangeran Antasari

DOI:

https://doi.org/10.61290/gm.v14i2.661

Keywords:

e-modul, berpikir tingkat tinggi, Pembelajaran Berbasis Masalah

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan E-modul Suhu dan Kalor
berbasis Problem Based Learning dan menganalisa efektivitas dan kelayakan
penggunaan e-module dalam meningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat
Tinggi. Penelitian ini didasarkan pada penelitian dan pengembangan.
Penelitian ini mencakup penelitian dan pengembangan model Borg dan
Gall dengan langkah-langkah: perencanaan, pengembangan produk awal,
pengujian awal, revisi produk utama, uji coba kelompok besar, revisi
operasional produk, uji coba operasional, revisi produk akhir, dan
diseminasi dan distribusi.Hasil kelayakan oleh ahli materi didapatkan ratarata presentase keseluruhan aspek sebesar 88 %, ahli media 72% dan ahli
pembelajaran sebesar 78% termasuk dalam kategori baik. Hal ini
menunjukkan bahwa e-modul dengan model Problem Based Learning kelas
10 SMA layak digunakan dalam penelitian. Hasil uji efektifitas diperoleh N
Gain sebesar 0,65 yang menunjukan bahwa e-modul Suhu dan Kalor
berorientasi PBL dapat meningkatkan kemampuan HOTS siswa dengan
kategori sedang. Hasil kuisoner uji lapangan yang di isi oleh siswa
mendapatkan presentase 82% dengan intepretasi sangat baik. Berdasarka
uji efektifitas dapat disimpulkan e-modul dinyatak layak dan dapat
meningkatkan kemampuan HOTS siswa.

Downloads

Published

2023-08-06