PENGEMBANGAN E-BOOK INTERAKTIF BERBASIS SMARTPHONE DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA ISYARAT SISWA TUNARUNGU DI SDLB NEGERI 057704 KWALA BINGAI

Authors

  • Pradana Chairy Azhar STKIP ALMAKSUM LANGKAT, INDONESIA
  • Azri Ranualdy Sugma STKIP ALMAKSUM LANGKAT, INDONESIA

DOI:

https://doi.org/10.61290/gm.v14i1.62

Keywords:

Ebook, Tunarungu, Bahasa Isyarat

Abstract

Siswa dengan keadaaan khusus dapat disebut dengan anak berkebutuhan khusus dimana mereka mempunya kebutuhan yang berbeda dengan siswa normal pada umumnya. Anak berkebutuhan khusus adalah anak-anak yang mengalami penyimpangan, kelainan atau ketunaan dalam segi fisik, mental, emosi, dan sosial, atau gabungan dari hal-hal tersebut Tunarungu merupakan seseorang yang mengalami kekurangan atau kehilangan kemampuan mendengar yang disebabkan oleh kerusakan sebagian alat pendengarannya sehingga mangalami hambatan dalam perkembangan bahasa Pengembangan dilakukan dengan model Pengembangan 4D dari Thiagarajan dengan uji kelayakan kevalidan, kepraktisan dan keefektifan dari Nieveen. E-Book telah memenuhi syarat Valid, Praktis Dan Efektif. Valid diukur dari hasil validitas ahlih materi, media dan bahasa dengan kategori sangat baik, Praktis dilihat dariĀ  Analisis Respon Guru dengan kategori sangat baik, dan Efektif dilihat dari Peningkatan Hasil Belajar siswa dengan Kategori Sangat baik dalam peningkatannya

Downloads

Published

2023-01-31