MENGGUNAKAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA

Zuhra Zuhra, Imarah Millati

Abstract


Abstrak: Penelitian ini berjudul “Menggunakan Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara” bertujuan untuk 1) menemukan apakah ada peningkatan kemampuan siswa berbicara dengan menggunakan metode Problem Based Learning dan 2) untuk melihat respon siswa terhadap penggunaan metode Problem Based Learning dalam meningkatkan kemampuan berbicara. Penelitian ini telah dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif. Dilaksanakan pada tanggal 21 Agustus sampai dengan 11 September 2020 di kelas XI IPA Pesantren Inshafuddin, Banda Aceh. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, butir kuesioner, dan pedoman wawancara. Tes berupa tes berbicara yang digunakan untuk memperoleh data apakah ada peningkatan kemampuan siswa dalam berbicara dengan menggunakan metode Problem Based Learning. Sedangkan butir kuesioner disiapkan untuk melihat bagaimana respon siswa terhadap penggunaan metode Problem Based Learning dalam meningkatkan kemampuan berbicara. Kemudian, pedoman wawancara bertujuan untuk mengetahui pendapat lebih lanjut dari data hasil respon siswa terhadap kuesioner. Pedoman wawancara yang digunakan adalah pedoman semi terstruktur. Berdasarkan pada hasil analisis tes kemampuan berbicara dengan menggunakan metode Problem Based Learning yaitu kemampuan berbicara siswa meningkat yang ditandai dengan adanya peningkatan nilai rata-rata siswa pada pos-tes. Rata-rata siswa pada pre-tes adalah 6,75 sedangkan rata-rata siswa pada pos tes adalah 9. Kemudian, hasil analisis kuesioner menunjukan bahwa para siswa tertarik dalam berbicara ketika menggunakan metode Problem Based Learning. Selanjutnya, hasil analisis wawancara menunjukan bahwa permasalahan yang dihadapi pada saat berbicara disebabkan oleh pengaruh tekanan psikologi. Sehingga penggunaan metode Problem Based Learning dalam meningkatkan kemapuan berbicara siswa sangat disarankan karena telah menunjukan peningkatan hasil.

 

Kata-kata kunci: Menggunakan, Problem Based Learning, Berbicara.

 


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Arends, R.I. (1997). Classroom Instruction and Management. New York: McGraw-Hill Companies, Inc.

Fausiah, F. 2014. Psikologi Abnormal Klinis Dewasa. Jakarta: Universitas Indonesia.

Fawaid, A. 2010. Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Harun, N.F, Yusof, K.M, Jamaludin, M.Z, Hassan, S,A,H,S. (2012). Motivation in Problem Based Learning Implementation. Malaysia. Procedia – Social and Behavioral Sciences 56 233-242.

Khotimah, S. (2014). The Use of Problem Based Learning to Improve Students’ Speaking Skills. Journal of English Language Teaching.

Laksnorya and Irawati (2016). Using Problem Based Learning Strategy to Enhance Students’ Speaking Skill of The Seventh Grade Students of SMPN 21 Malang. Journal of English Language Teaching.

Nuraisyiah, Nuraisyiah & Nurdiana, Nurdiana & Maruf, Muhammad. (2019). Pengaruh Gangguan Kecemasan Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMK Negeri 1 Makassar. JEKPEND: Jurnal Ekonomi dan Pendidikan. 2. 10. 10.26858/jekpend.v2i2.9688.

Othman, N. & Shah, M, I, A. (2013). Problem-Based Learning in the English Classroom. Canada. Canadian Center of Science and Education.

Richards, J.C. (2008). Teaching Listening and Speaking: From Theory to Practice. Cambridge: Cambridge University Press.

Savin, B.M, & Howell, M.C. (2004). Foundations of Problem Based Learning. Birkshire: The Society for Research into Higher Education & Open University Press.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Rahman, U. Nursalam, & M. Ridwan Tahir. 2018. Pengaruh Kecemasan Dan Kesulitan Belajar Matematika Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas X Ma Negeri 1 Watampone Kabupaten Bone. MaPan : Jurnal Matematika dan Pembelajaran p-ISSN: 2354-6883 ; e-ISSN: 2581-172X Volume 3, Nomor 1, Juni 2015 [ 85 ].


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.