NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL “SI ANAK BADAI” KARYA TERE LIYE

Lili Tansliova, Cici Hazana, Fhety Wulandari Lubis

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Nilai Pendidikan Karakter Dalam Novel “Si Anak Badai” Karya Tere Liye. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif. Metode yang dipakai dalam pengumpulan data adalah metode penelian perpustakaan (Library researce). Instrumen pengumpulan data dilakukan dengan mencatat seluruh informasi yang ada hubungannya dengan masalah yang diteliti di perpustakaan. Juga dengan mengumpulkan data online dan membaca buku-buku yang berkaitan dengan nilai pendidikan karakter serta berkaitan dengan dengan sastra. Hasil yang ditemukan setelah melakukan penelitian terhadap novel tersebut yaitu terdapat nilai pendidikan karakter antara lain : religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggung jawab.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Aminuddin. 2014. Pengembangan Penelitian Kualitatif dalam Bidang Bahasa dan Sastra. Malang: Yayasan Asah Asih Asuh.

Endarswara, Suwadi. 2015. Sosiologi Sastra Studi, Teori dan Interpretasi. Yogyakarta : Ombak.

Hasniyati. 2018. Eksistensi Tokoh Ayah Dalam Novel Ayah Karya Andra Hirata Dan Novel Ayahku Bukan Pembohong Karya Tere Liye. Master Bahasa. Vol 6 (2018).

Juanda, J. 2014. Pembelajaran Sastra Anak Sebagai Pendidikan Dan Karakter di Sekolah Dasar Kajian Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013. Makasar : Universitas Negeri Makasar.

Lubis, Fhety Wulandari dan Lili Tansliova. 2018. Analisis Nilai – nilai Karakter Bangsa pada Novel “Amelia” Karya Tere Liye. Jurnal Serunai Bahasa Indonesia Vol 15 No.2, Agustus 2018. Dapat diakses pada http://www.ejournal.stkipbudidaya.ac.id/index.php/je/article/view/51/0

Nurgiyantoro, Burhan. 2013. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press (UGM).

Nursito. 2015. Ikhtisar Kesusastraan. Jakarta : Gramedia.

Nababan, S.A. 2018. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis RME Untuk Meningkatkan kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. BINA GOGIK. Volume 4. No 2. 2018.

Tanjung, H.S. (2018). Peningkatan kemampuan Komunikasi dan Matemati Siswa SMA melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah. MAJU. Volume 4. No 22. 2018.

Tambunan, Janwar. 2014. Pengantar pendidikan. Medan : Indeks.

Tansliova, Lili. 2018. Nilai-nilai Karakter Bangsa Pada Novel Ranah 3 Warna Dan Rantau I Muara Karya Ahmad Fuadi Serta Kontribusinya Terhadap Pendidikan Karakter. Jurnal Genta Mulia.Vol IX No.2 , Juli 2018. Diakses pada http://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/gm/article/view/163/151

Tansliova, Lili dan Netti Marini. 2018. Pemanfaatan Puisi sebagai Sumber Belajar Bahasa Indonesia untuk Pembinaan Nilai – nilai Karakter Bangsa pada Peserta Didik di SMP Taman Siswa Bahjambi Kabupaten Simalungun. Jurnal Bina Gogik Vol 5 No. 2, September 2018. Dapat diakses pada https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/pgsd/article/view/207/194

Taniredja, Tukiran. 2015. Konsep Dasar Pendidikan Kewarganegaraan. Yogyakarta : Ombak.

Tansliova, Lili dan Netti Marini. 2018. Pemanfaatan Puisi sebagai Sumber Belajar Bahasa Indonesia untuk Pembinaan Nilai – nilai Karakter Bangsa pada Peserta Didik di SMP Taman Siswa Bahjambi Kabupaten Simalungun.Proseding Seminar Internasional Riksa Bahasa XII, 3 November 2018. Dapat diakses pada http://proceedings.upi.edu/index.php/riksabahasa/issue/view/4

Umar. 2014. Pengantar Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta.

Yanti. 2015. Religiusitas dalam Novel Ratu Yang Bersujud Karya Amrizal Mochamad Mahdavi. Jurnal Humanika. Vol 3 (2015).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.