PENERAPAN NILAI-NILAI PANCASILA TERHADAP PEMBINAAN MORAL REMAJA

Atmawarni Atmawarni, Sapta Kesuma

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hubungan anara nilai – nilai pancasila di dalam pembinaan moral remaja, Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian studi literatur, yakni dengan mengkolaborasi secara sistematis dari berbagai konsep tentang nilai-nilai pancasila dalam pembinaan moral remaja bersumber dari jurnal, buku dan penelitian yang relevan. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Pembinaan Moral Remaja sangat berpengaruh dan berperan penting terhadap adanya nilai-nilai Pancasila

Keyword: Nilai, Nilai Pancasila, Pembinaan, Moral


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Daradjat, Zakiahy. 1971. Membina Nilai-nilai moral di Indonesia, Jakarta: Bulan Bintang.

Daroseso, Bambnag. 1986.. Dasar dan Konsep Pendidikan Moral Pancasila. Semarang: Aneka Ilmu.

Depdiknas.2003. Undang-undang RI No.20.Tentang sistem Pendidikan Nasional.

Nababan, S.A. 2018. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis RME Untuk Meningkatkan kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. BINA GOGIK. Volume 4. No 2. 2018.

Tanjung, H.S. (2018). Peningkatan kemampuan Komunikasi dan Matemati Siswa SMA melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah. MAJU. Volume 4. No 22. 2018.

Kaelan. 2007. Pendidikan Kewarganegaraan.Yogyakarta:Paradigma.

Mangunhardjana,A. 1986. Pembinaan: arti dan metodenya. Yogyakrta: Kanisius.

Republik Indonesia (1989).Undang-undang Republik Indonesia No 2 tentang sistem pendidikan nasional dan penjelasannya.

Sulianti, Ani, 2018. Revitalisasi Pendidikan Pancasila Dalam Pembentukan Life Skill, Citizensip Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan, 6(2),PP.110-117.DOI:http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/Citizenship.

Wardhani NSP, 2015. Pembinaan Moral Remaja Dissosial di Balai Rehabilitasi Sosial Mandiri Semarang II Kota Semarang, Semarang: Universitas Negeri Semarang

Wirawan, Sarlito Sarwono. 2008. Psikologi Remaja. Jakarta: Raja Grafindoi Persada.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.