PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN IPS DI SEKOLAH DASAR LOMBOK TIMUR

Muhra Damarullah, Muh. Fahrurrozi, Armin Subhani

Abstract


Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui internalisasi nilai-nilai karakter ke dalam pembelajaran IPS siswa kelas V (lima) di Sekolah Dasar, untuk mengetahui ruang lingkup penguatan pendidikan karakter, untuk mengetahui bagaimana menerapkan falsafah Ki Hadjar Dewantara. pendidikan karakter, mengetahui dasar-dasar gerakan penguatan pendidikan karakter, mengetahui nilai-nilai pokok dari karakter prioritas penguatan pendidikan karakter. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari informan dan perilaku yang diamati. Peneliti harus memiliki pemikiran kritis sebagai landasan yang kuat dalam mengumpulkan data primer. Peneliti tidak menggunakan istilah populasi tetapi disebut situasi sosial yang terdiri dari tempat, pelaku, dan aktivitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai karakter yang diinternalisasikan di SD Negeri 3 Pringgabaya Utara Lombok Timur telah diimplementasikan dalam RPP. RPP yang digunakan adalah satu lembar RPP dengan ketentuan memuat tujuan pembelajaran, langkah-langkah kegiatan pembelajaran dan penilaian. RPP harus efisien, efektif dan berorientasi pada siswa. Dalam kegiatan ekstrakurikuler, kokurikuler, nonkurikuler juga diinternalisasikan nilai-nilai karakter, sehingga nilai-nilai karakter tersebut akan membentuk mental, pola pikir, dan kepribadian siswa baik dari segi agama, norma, budaya, sosial dalam kehidupan sehari-hari. Untuk meredakan kesulitan belajar pada populasi pandemi Covid-19, digunakan kurikulum darurat (dalam kondisi khusus).

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Aini, Nurul, rosman, Elly. 2016. “Penanaman Nilai-Nilai Moral Pada Siswa di SD Negeri Lampeuneurut.” Jurnal Ilmiah Mahasiswa Prodi PGSD FKIP Unsyiah.

Apriani, An-nisa, Muhammad Nur Wangid, and Universitas Negeri Yogyakarta. 2015. “Pengaruh Ssp Tematik-Integratif Terhadap Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab Siswa Kelas III SD.” Jurnal Prima Edukasi 3(1): 12–25.

Arifin. 2011. “Pengertian Observasi Menurut Para Ahli dan Secara Umum [Lengkap].”www.zonareferensi.com.

Banusu, and Faustianus. 2019. “Manajemen Penguatan Pendidikan KarakterBerbasis Spiritualitas (Studi Multi Situs di SDK Mardi Wiyata 1 dan SDK Indriyasana Malang.” Disertasi dan Tesis Program Pascasarjana UM.

Kemendikbud. 2017a. kemendikbud Konsep dan Pedoman Penguatan Pendidikan Karakter.

———. 2017b. “Penguatan Pendidikan Karakter Jadi Pintu Masuk Pembenahan Pendidikan Nasional.” Biro Komunikasi dan Layanan Masyarakat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan Tim Komunikasi Pemerintah Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Kemendiknas, R I. 2010. “Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa.” Jakarta: Balitbang Puskur Kemendiknas RI.

Mahanal, Susriyati. 2014. “Peran Guru Dalam Melahirkan Generasi Emas dengan Keterampilan Abad 21.” In Makalah Disampaikan Pada Seminar Nasional Pendidikan HMPS Pendidikan Biologi FKIP,.

Mudjia Rahardjo. 2010. “Triangulasi dalam Penelitian Kualitatif.” Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Mashudi. 2013. “Konfigurasi Pendidikan Berkarakter (Eksplorasi Nilai-Nilai Islami).” Tarbawi : Jurnal Pendidikan Islam.

Mohzana, Muh. Fahrurrozi, Hartini Haritani, M. Zainul Majdi, 2020. “A Management Model for Character Education in Higher Education.” Talent Development and Excellence12(SpecialIssue3): 1596–1601.

Sayyidati, Rabini. 2018. “Pemecahan Permasalahan Sosial Melalui Pembelajaran Pendidikan IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial) yang Terintegrasi dan Holistik.” Jurnal Humaniora Teknologi.

Smith, Peter K, and Leticia López-Castro. 2017. “Cross-National Data on Victims of Bullying: How Does PISA Measure up with Other Surveys? An Update and Extension of the Study by Smith, Robinson, and Marchi (2016).” International Journal of Developmental Science 11(3–4): 87–92.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.