PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEMATIK BERBASIS KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI UJONG TANJONG

Ade Masliana, Mardhatillah Mardhatillah, Febry Fahreza

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsiskan: 1) Untuk mengetahui kevalidan bahan ajar tematik berbasis kontekstual untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas IV SD Negeri Ujong Tanjong; 2) Untuk mengetahui keefektifan bahan ajar tematik berbasis kontekstual untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas IV SD Negeri Ujong Tanjong; dan 3) Untuk mengetahui respon siswa terhadap bahan ajar tematik berbasis kontekstual untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas IV SD Negeri Ujong Tanjong. Penelitian ini merupan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). Penelitian ini menggunakan model 4D (Four D Model). Adapun langkah-langkah tahap pengembangan, yaitu tahap pendefinisian (Define), perancangan (Design), pengembangan (Develop), dan penyebaran (Dissaminate). Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Ujong Tanjong, dengan jumlah siswa 20 orang. Dimana siswa laki-laki 18 orang dan siswa perempuan 10 orang. Objek penelitian ini adalah bahan ajar tematik berbasis kontekstual untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas IV SD Negeri Ujong Tanjong. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu validasi ahli, angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil pengembangan ini adalah bahan ajar tematik berbasis kontekstual yang layak digunakan. Kelayakan bahan ajar yang dihasilkan dari validasi ahli desain, validasi ahli materi, dan validasi ahli bahasa dan layak digunakan sebagai bahan ajar. Respon siswa terhadap bahan ajar diperoleh pada uji coba lapangan yaitu sangat baik dengan skor rata-rata sebesar 97 %. Minat belajar siswa terhadap bahan ajar ini diperoleh dengan skor persentase rata-rata sebesar 87,60%.

 

Kata Kunci : Pengembangan, Bahan ajar berbasis kontekstual, Minat.

 


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Fahreza, Febry dan Husna, Nurul. 2017. Pengaruh Strategi Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Negeri Paya Peunaga Kabupaten Aceh Barat. Jurnal Bina Gogik, Vol. 4 No. 2. Meulaboh: STKIP Bina Bangsa Meulaboh.

Indrawini, T, Amirudin, A, dan Widiati, U. 2014. Pentingnya Pengembangan Bahan Ajar Tematik untuk Mencapai Pembelajaran Bermakna bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, Vol. 2, No. 11, 1489-1497. Malang: Universitas Negeri Malang.

Khausar, K. 2014. Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Guru Yang Bervariasi Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1

Muldayanti, N.D. 2013. Pembelajaran Biologi Model STAD Dan TGT Ditinjau Dari Keingintahuan Dan Minat Belajar Siswa. Jurnal Peendidikan IPA di Indonesia, hal.13.

Purwanto, Y dan Rizki, S. 2015. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kontekstual Pada Materi Himpunan Berbantu Video Pembelajaran. Jurnal Pendidikan. Hal 67-77.

Suriani, S dan Mardhatillah, M. 2018. Penerapan Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas VI SD Negeri Padang Panyang Kabupaten Nagan Raya. Aceh: STKIP Bina Bangsa Meulaboh.

Sari, V.K. 2015. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Cerita Bergambar Bru Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Pada Subtema 2 Lingkungan Sekitar Rumahku Kelas I SDN Genukwatu IV Ngoro Jombang. Skripsi Sarjan, diterbitkan. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Sutarti, T., & Irawan, E. 2017. Kiat Sukses Meraih Hibah Penelitian Pengembangan. Deepublish.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.