PENINGKATAN MUTU PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) MELALUI KEGIATAN CERAMAH (DA’WAH), PIDATO DAN BACA TULIS QUR’AN (BTQ) DAN DZIKIR BERSAMA PADA KELAS X SMA NEGERI 2 PALOPO

Suparman Mannuhung, Hasbar Hasbar

Abstract


Abstrak: Tujuan penelitian dalam skripsi ini: (1) Mengetahui pelaksanaan kegiatan ceramah dan baca tulis Al-Qur’an dalam meningkatkan mutu proses pembelajaran pendidikan agama Islam pada kelas X SMA Negeri 2 Palopo. (2) Mengetahui tantangan yang dihadapi pelaksanaan kegiatan ceramah dan baca tulis Al-Qur’an dalam meningkatkan mutu proses pembelajaran pendidikan agama Islam pada kelas X SMA Negeri 2 Palopo. (3) Mengetahui solusi yang dilakukan Musyrif dan Musyrifah (pembina) dalam mengatasi hambatan yang dihadapi dalam pelaksanaan kegiataan kegiatan Ceramah dan Baca Tulis Al-Qur’an pada kelas X SMA Negeri 2 Palopo. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Penelitian inibertujuan untuk mengangkat fakta, keadaan, variabel, dan fenomena-fenomena yang terjadi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Pendekatan kualitatif merupakan suatu paradigma penelitian untuk mendeskripsikan peristiwa, perilaku orang atau suatu keadaan pada tempat tertentu secara rinci dan mendalam dalam bentuk narasi. Adapun teknik pendekatan yang digunakan adalah pendekatan pedagogik dan pendekatan manajemen. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa: a) pelaksanaan kegiatan keagamaan yaitu baca tulis Al-Qur’an, pelatihan ceramah atau pidato, dzikir bersama b) hambatan yang dihadapi dalam pelaksanaan kegiatan ekstra kurikuler yaitu 80% siswa tidak mampu membaca Al-Qur’an karena kurangnya motivasi dan partisipasi dari orang tua siswa, selain itu siswa juga memiliki pemahaman agama yang kurang. c) solusi yang dilakukan oleh sekolah dalam mengatasi hambatan pelaksanaan keagamaan adalah nilai siswa ditunda oleh guru agama Islam sampai siswa mampu membaca Al-Qur’an, guru agama Islam mengadakan persuratan kepada orang tua siswa, latihan ceramah atau pidato, membiasakan siswa salat berjamaah di Masjid, mengikuti kegiatan dzikir bersama setiap malam Jum’at di Masjid SMA Negeri 2 Palopo. Hasil penelitian ini diharapkan akan dapat dipergunakan oleh pihak sekolah atau lembaga lain dalam meningkatkan mutu pembelajaran PAI melalui kegiatan ceramah keagamaan dan baca tulis Al-Qur’an, serta menambah wawasan bagi penulis.

 

Kata-kata kunci: Peningkatan Mutu, Pembelajaran PAI, Ekstrakurikuler Keagamaan.

 


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Ainiyah, N. (2013). Pembentukan karakter melalui pendidikan agama Islam. Al-Ulum, 13(1), 25-38.

Al-Jawi, M. S. (2006). Pendidikan di Indonesia: Masalah dan Solusinya. In Makalah dalam Seminar Nasional Potret Pendidikan Indonesia: Antara Konsep Realiti dan Solusi, diselenggarakan oleh Forum Ukhwah dan Studi Islam (FUSI) Universitas Negeri Malang (Vol. 7).

Bawa, D. L. (2020). Pengaruh Kualifikasi Akademik Dosen Terhadap Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Telaah Hasil Penelitian dan Kajian Tindak Lanjut). JIE (Journal of Islamic Education), 5(1), 78-88.

Didiharyono, D., & Qur'ani, B. (2019). Increasing Community Knowledge Through the Literacy Movement. To Maega: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 17-24.

Didiharyono, D. (2016). Penerapan Metode Statistical Processing Control Untuk Menganalisis Pengendalian Kualitas Produk pada PT. Asera Tirta Posidonia (No. v4fx6). Center for Open Science.

Hasbar, H. (2017). Peningkatan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Melalui Kegiatan Esktrakurikuler Keagamaan Pada Kelas X SMA Negeri 2 Palopo (Skripsi, Institut Agama Islam Negeri Palopo).

Hasnawati, H. (2019). Urgensi Pendidikan Islam Pada Anak Usia Dini Dalam Membentuk Kepribadian Islami. Jurnal Andi Djemma| Jurnal Pendidikan, 2(2), 19-29.

Irwan, I., & Haryono, D. (2015). Pengendalian Kualitas Statistik (Pendekatan Teoritis dan Aplikatif). Bandung: Alfabeta.

Kurniawan, A. (2013). Penanaman Nilai-nilai Tasawuf dalam Rangka Pembinaan Akhlak di Sekiolah Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Keagamaan. Al-Tahrir: Jurnal Pemikiran Islam, 13(1), 187-206.

Mulati, D. (2016). Strategi Peningkatan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Akhlak Mulia Siswa (Studi Multisitus di MAN 1 Tulungagung dan MAN 3 Tulungagung) (Skripsi, IAIN Tulungagung).

Mannuhung, S. (2019). Penanggulangan Tingkat Kenakalan Remaja Dengan Bimbingan Agama Islam. To Maega| Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 9-16.

Mannuhung, S., & Tenrigau, A. M. (2018). Peran Pendidikan Islam Dalam Mewujudkan Etika Politik. Jurnal Andi Djemma | Jurnal Pendidikan, 1(1), 27-35.

Mardyawati, M. (2016). Staretegi Pembelajaran Pai Pada PTAI. Ash-Shahabah, 2(1), 11-21.

Mardyawati, M. (2016). Implementasi Pendidikan Multikultural dalam Pembentukan Karakter Siswa. Ash-Shahabah, 2(2), 120-132.

Mulyana, B. (2018). Religion and International Relations. Advances in Social Science, Education and Humanities Research. In International Conference on Business, Economic, Social Sciences and Humanities (ICOBEST 2018). Published by Atlantis Press.

Pajarianto, H., & Mahmud, N. (2019). Model Pendidikan Dalam Keluarga Berbasis Multireligius. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 22(2), 254-266.

Pribadi, I. (2016). Peranan Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) dalam membentuk perilaku beragama mahasiswa di perguruan tinggi Muhammadiyah. Voice of Midwifery, 5(07), 39-54.

Rahim, R. (2018). Urgensi Pembinaan Pendidikan Agama Islam Di Perguruan Tinggi Umum (PTU). Jurnal Andi Djemma| Jurnal Pendidikan, 1(1), 17-26.

Tonceng, D. (2014). Peranan Program Ekstra Kurikuler Pengajian Kelililing Dalam Meningkatkan Gairah Keagamaan Siswa Di Smp Negeri 1 Bittuang Kabupaten Tana Toraja (Skripsi, Institut Agama Islam Negeri Palopo).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.