PENINGKATAN KEMAMPUAN BERTANYA SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PROBLEM POSING DI KELAS VIII-A MTs DARUSSALAM CILONGOK BANYUMAS
DOI:
https://doi.org/10.61290/gm.v14i2.569Keywords:
Problem Posing, Kemampuan BertanyaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan bertanya siswa dengan menggunakan penerapan metode problem posing pada mata pelajaran matematika di kelas VIII A MTs Darussalam Cilongok. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan bertanya siswa kelas VIII A Mts Darussalam Cilongok mengalami peningkatan setelah mengikuti pembelajaran problem posing. Pada tahap pengajuan soal selama tindakan problem posing berlangsung, siswa mampu membuat soal sesuai dengan materi pelajaran. Indikator kemampuan siswa dalam mengajukan pertanyaan sebagai acuan dalam penelitian ini adalah isi pertanyaan, pengungkapan verbal atau kalimat yang digunakan serta kategori jenis pertanyaan.