KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DI PAUD

Imarah Millati, Ari Hestaliana R

Abstract


Abstrak: salah satu faktor yang mempengaruhi pendidikan anak di PAUD yaitu kompetensi pedagogik guru. Berdasarkan hal tersebut tujuan penelitian dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kompetensi pedagogik guru di PAUD. Subjek Penelitian ini adalah guru PAUD di Banda Aceh berjumlah 50 orang. Teknik pengumpulan data berupa angket kompetensi pedagogik. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa untuk indikator perencanaan yaitu penyusunan perangkat kurikulum, merancang pembelajaran yang menyenangkan bagi anak, serta mengumpulkan informasi/bacaan terkait tema dan subtema masing-masing dengan tingkat keyakinan guru tertinggi berada pada kategori sangat yakin berturut-turut sebesar  92%, 64%, dan 80%. Selanjutnya, indikator pelaksanaan pembelajaran yaitu kesesuaian proses pembelajaran dengan RPPH dan Prinsip PAUD memiliki tingkat keyakinan guru yang tertinggi pada kategori sangat yakin berturut-turut sebesar 86% dan 94%, sedangkan ketercapaiannya tujuan pembelajaran untuk tingkat keyakinan guru tertinggi berada pada kategori yakin sebesar 60%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kompetensi pedagogik guru di PAUD sudah memadai. Hal ini  ditandai dengan guru menyusun perangkat kurikulum (Prosem, RPM, RPPH), merancang pembelajaran yang menyenangkan bagi anak, mengumpulkan informasi/bacaan terkait tema dan subtema, melaksanakan pembelajaran sesuai dengan RPPH yang telah disusun dan prinsip PAUD, serta tercapainya tujuan pembelajaran berdasarkan RPPH yang telah disusun.   

 

Kata-kata kunci:Kompetensi Pedagogik, Guru, PAUD


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Achruh, A. (2016). Eksistensi Guru dalam Pengembangan Kurikulum. 5(2), 416-426

Alviani, T. S. & Graciela, M. T. (20020). Kompetensi pedagogik Guru PAUD dalam perencanaan dan Pelaksanaan Pembelajaran. Jurnal Pbsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4 (2), 543-550.

Andini, D. M. & Supardi, E. (2018). Kompetensi Pedagogik Guru terhadap Efektivitas Pembelajaran dengan Variabel Kontrol Latar Belakang Pendidikan Guru. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 3(1), hlm. 149-155.

Ariyanti, T. (2016). Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini bagi Tumbuh Kembang Anak. Jurnal Dinamika Pendidikan Dasar, 8 (1), 50-58.

Aziz, T. (2019). Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini. Jawa Timur: Duta Media Publishing.

Darmadi, H. (2015). Tugas, Peran, Kompetensi, dan Tanggung Jawab menjadi Guru Profesional. Jurnal Edukasi, 13(2), 161-174.

Farwan, R. dkk. (t.t.). Pemahaman Guru PAUD terhadapa Kompetensi Paedagogik. Program Studi PG-PAUD, FKIP Untan Pontianak.

Handini, O. & Widyaningrum, R. (2016). Kontribusi Kompetensi Pedagogik dan Kompetensi Profesional Guru terhadap Manajemen Kelas. Jurnal Profesi Pendidik, 3(1), 36-43.

Jumadi, dkk. (2013). Pemetaan Kompetensi Pedagogik, Profesional, Kepribadian dan Sosial Guru Fisika SMA/MA di Daerah Istimewa Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta.

Kasmi. (2018). Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Jurnal Global Edukasi, 2(3), 211-216.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2015). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 146 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini.

Madjid, A. (2016). Pengembangan Kinerja Guru melalui: Kompetensi, Komitmen, dan Motivasi Kerja. Yogyakarta: Samudra Biru.

Nefida, E. (2016). Peran Kompetensi Profesional dan Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X dan XI dalam Pembalajaran Bahasa Inggris di SMA Negeri 1 Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman. Program Pascasarjana Universitas Terbuka.

Nengsih, D. H. (2017). Analisis Kompetensi Pedagogik Guru dalam Pengelolaan Proses Pembelajaran di SD Negeri 10 Mandonga. WAKAPENDIK, 2(7).

Novitawati. (2013). Kesiapan Sekolah Anak Taman Kanak-kanak Berbasis Model Pembelajaran Sentra. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 102-122.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No 137 tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.

Rifma. (2016). Optimalisasi Pembinaan Kompetensi Pedagogik Guru Dilengkapi Model Pembinaan Kompetensi Pedagogik Guru Edisi Pertama. Jakarta: Kencana.

Shabir, U. (2015). Kedudukan Guru sebagai Pendidik: (Tugas dan Tnggung Jawab, Hak dan Kewajiban, dan Kompetensi Guru). AULADUNA, 2(2), 221-232.

Suharyati, H. (2018). Dicari: Guru PAUD Inovatif. Bogor: UIKA Press.

Suminah, E. Dkk. (2015). Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini Apa, Mengapa, dan Bagaimana. Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini, Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Yulaelawati, E., dkk. (2015). Pedoman Pengelolaan Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini, Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Zulvah, I. (2013). Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Agama Islam Sekolah Menengah Atas. Mudarrisa: Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 5(2), 270-298.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.