EFEKTIVITAS METODE TPR DALAM PENGAJARAN BAHASA INGGRIS DASAR KEPADA PARA NELAYAN DI DESA BLUKA TEUBAI KEC. DEWANTARA KAB. ACEH UTARA

Nurmainiati Nurmainiati, Fadhliatul Ghina

Abstract


Abstrak: Penelitian ini tentang efektivitas metode TPR dalam pengajaran bahasa Inggris Dasar kepada para nelayan di desa Bluka Teubai Kec. Dewantara Kab. Aceh Utara. Penelitian ini menggunakan metode Kuantitatif Deskriptif. Subjek penelitian adalah 20 orang nelayan yang berada di Desa Bluka Teubai. Pengumpulan data dengan menggunakan tes, angket, dan wawancara dan data dianalisa dengan menggunakan teknik reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan nilai post-test lebih tinggi dari pada pre-test. Jadi thitung = 9.39 > ttabel = 1.73 sehingga H0 ditolak. Selanjutnya, para nelayan memberikan respon positif terhadap pembelajaran bahasa Inggris dasar dengan menggunakan metode TPR.  Dari angket bisa dilihat bahwa 75% dari mereka suka belajar bahasa inggris dengan menggunakan metode tersebut, 50% dari mereka menyatakan mudah belajar bahasa Inggris dengan menggunakan TPR, 60% dari nelayan menyebutkan sulit pengucapan kosakata dalam bahasa Inggris, 65% dari mereka mengatakan sulit membaca dalam bahasa Inggris, 60% dari nelayan menyebutkan sangat sulit mendengar kosakata dalam bahasa Inggris, tetapi 70% dari para nelayan menyebutkan bahwa metode TPR membantu mereka dalam mempelajari bahasa Inggris, 55% dari mereka mengatakan metode TPR dapat meningkatkan bahasa Inggris mereka, 50% dari mereka sungguh ingin untuk mempertajam kemampuan bahasa Inggris mereka, 70% mengatakan bahwa penelitian ini sangat bermanfaat bagi mereka, dan 55% mereka menjadi lebih percaya diri ketika melaut karena mampu menguasai bahasa Inggris. Berdasarkan hasil wawancara, di dapatkan faktor yang dihadapi nelayan dalam mempelajari bahasa Inggris dasar; Pengucapan, menulis, membaca, mendengar, berbicara, menghafal, kurangnya berinteraksi, susah dalam membuat kalimat, kurang kesadaran dan motivasi dalam mempelajari bahasa Inggris.

 

Kata-kata kunci: Efektivitas; Metode TPR; Bahasa Inggris Dasar; Para Nelayan.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Badadu & Dhieni, N (2006). Metode Pengembangan Bahasa: Hakikat Perkembangan Bahasa Anak. Semarang: IKIP Veteran.

Brown, D.H. (2008). Prinsip Pembelajaran dan Pengajaran Bahasa. 5th Edition. Pearson Education, Inc.

__________. (2000). Principles of Language Learning & Teaching. (4th ed.). New York: Longman.

__________. (2001). Teaching by Principles An Interactive Approach to Language Pedagogy. San Francisco State University. Pearson. Longman.

Celce-Murcia, M., et al. (2014). Teaching English as a Second Language. Boston: Cengage Learning, Inc.

Larsen - Freeman, D. (2000). Techniques and Principles in Language Teaching. (2th Edition). Oxford University Press.

Moleng, L. J. (2000). Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mulyati, Y.,& Gumelar, F. (2018). MEME: Dapatkah Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Menulis Teks Anekdot?. Jurnal Sains Sosial dan Humaniora. 2 (1), hlm. 105 - 117.

Nauli, B.S. (2015). Combining Inquiry, Learning Community and Total Physical Response for Teaching English. English Education Journal. 6 (3), hlm. 356 - 369.

Nurmainiati & Raisa, P. (2019). English Dialogue in Improving Students' Speaking Skill. Jurnal Ilmiah Bahasa Inggris (JIBI). Vol. IV. No. 3. Hal. 55-75.

Richards, J. C. and Rodgers, T. S. (2001). Approaches and Methods in Language Teaching (2nd Edition). New York: Cambridge University Press.

Rohman, I. (2016). Arabic Puzzle Book Pengembangan Media Interaktif untuk Keterampilan Membaca bagi Siswa Kelas IV MI di Kota Semarang. Journal of Arabic Learning and Teaching. 5 (1). hlm. 11 - 16.

Setiawan, D. (2007). Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Universitas Terbuka.

Scollon, R. (2004). Teaching Language and Culture as Hegemonic Practice. Modern Language Journal, 88, 271 – 274.

Sumarlam, R. P & Saddhono, K. (2017). Language Acquisition of Children. Journal UNP. 17 (1), hlm. 28.

Triola, M. (2006). Elementary Statistics Tenth Edition. USA: Pearson Education.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.