PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA PEMBELAJARAN TEMATIK UNTUK MENGEMBANGKAN PEMAHAMAN KONSEP

Authors

  • Novi sopirah Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Sundawati Tisnasari Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Rina Yuliana Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

DOI:

https://doi.org/10.61290/gm.v14i2.567

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya pemahaman konsep siswa pada materi komponen ekosistem dan kurangnya pembelajaran yang mampu mengaitkan dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berbasis contextual teaching and learning, serta untuk mengetahui kelayakan dan respon peserta didik terhadap bahan ajar yang dikembangkan. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Hasil penelitian pengembangan ini menunjukkan bahwa bahan ajar berbasis CTL “Sangat Layak” diterapkan pada pembelajaran kelas V di SD. hal ini didukung oleh hasil validasi oleh ahli media, ahli bahasa, dan ahli materi dengan hasil rerata uji kelayakan sebesar 86,3%. Sedangkan hasil respons peserta didik yang diperoleh dari uji coba terbatas mendapat hasil persentase sebesar 89,02% dan termasuk kategori “Sangat Baik”. Hasil tersebut menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan layak dan menarik untuk diterapkan pada pembelajaran agar dapat mengembangkan pemahaman konsep peserta didik kelas V SD pada materi komponen ekosistem. Hasil penelitian tersebut menunjukan bahwa bahan ajar yang dikembangkan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran tematik di kelas V Sekolah Dasar pada materi komponen ekosistem.

Downloads

Published

2023-07-13