PENGARUH PENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV DI SD NEGERI 114344 BLOK III TANJUNG PASIR TAHUN PEMBELAJARAN 2020/2021

Loren Sarima Sitorus, Reflina Sinaga, Patri Janson Silaban

Abstract


Abstrak : Hasil penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan karakter terhadap hasil belajar siswa kelas IV di SD Negeri 114344 Blok III Tanjung Pasir Tahun Pembelajaran 2020/2021. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode survey. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV di SD Negeri 114344 Blok III Tanjung Pasir yang berjumlah 40 siswa. Sampelnya kelas IV SD berjumlah 40 siswa dengan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan kuesioner dan studi dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah uji prasyarat analisis dan uji hipotesis dengan menggunakan bantuan Statistic Program For Social Science (SPSS) versi 22.0. dari hasil penelitian yang telah ditemukan dapat disimpulkan : pendidikan karakter memiliki rata-rata 83,82 dengan kategori sangat tinggi, hasil belajar siswa memiliki nilai rata-rata 68,97 dengan kategori kurang. Dengan menggunakan uji-t diperoleh nilai thitung  sebesar 2,104 dan ttabel  sebesar 1,683 karena thitung > ttabel maka H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara pendidikan karakter terhadap hasil belajar siswa kelas IV di SD Negeri 114344 Blok III Tanjung Pasir Tahun Pembelajaran 2020/2021.

                                                                                                                                              

Kata Kunci : Pendidikan Karakter, dan Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Samani, Hariyanto.(2017). Konsep dan Model Pendidikan Karakter.PT. Remaja Rosdakarya.

Sinaga,R. (2010). Pengaruh kompetensi mengajar guru dan pola asuh orang tua terhadap diri dan motivasi berprestasi pada siswa SD kelas VI di kecamatan medan denai. Unimed, 1, 4.

Sinaga,R. (2015). Pengaruh kompetensi mengajar guru dan pola asuh orang tua terhadap konsep diri dan motivasi berprestasi siswa SD kelas VI.Unimed.1, 2 Medan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.