RENCANA PENGEMBANGAN SEKOLAH (RPS) SMP NEGERI 3 KAWAY XVI KEC. KAWAY XVI KABUPATEN ACEH BARAT TAHUN 2020

Usman Usman

Abstract


Abstrak : Perencanaan pengembangan sekolah berkaitan dengan tujuan sosial, sarana, proses dan kontrol program dan kegiatan yang direncanakan sebelumnya. Perencanaan pengembangan sekolah bersifat dinamis. Proses penyusunannya menggunakan metode ilmiah, namun mengikuti tren dan arah perubahan. Penyusunan perencanaan meliputi prosedur, konten, manusianya, benda-benda fisik, ekologi dan antar hubungan mereka dalam organisasi sekolah. Aktualitas perencanaan sekolah disengaja, terorganisir, proses terus-menerus mengidentifikasi berbagai elemen dan aspek, menentukan keadaan sekarang dan interaksinya, memproyeksikan mereka dalam periode waktu akan datang, serta merumuskan dan memprogramkan serangkaian tindakan, rencana dan sasaran untuk mencapai hasil yang diinginkan sesuia visi, misi dan tujuan sekolah.

 

Kata Kunci : Perencanaan, Sasaran, Rencana Pengembangan Sekolah


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Depdikbud, (2004), Bahan Pelatihan Terintegrasi Berbasis Kompetensi Guru SMP, Sains- C4 Model-Model Pengajaran Dalam Pembelajaran Sains ,Jakarta : Depdiknas

Depdiknas, (2003), Bahan Pelatihan Terintegrasi Berbasis Kompetensi Guru SMP. Sains-C4 Model-Model Pengajaran Dalam Pembelajaran Sains, Jakarta, Depdiknas

Depdiknas, (2003), Lembaran Negara Republik Indonesia Undang-Undang RI Tentang Pendidikan Nasional, Jakarta: Depdiknas

Djamarah, BS. Dan A. Zain, (1996), Strategi Belajar Mengajar, Jakarta, Rineka Cipta

E, Mulyasa, (2003), Kurikulum Berbasis Kompetensi, Jakarta, Bumi Aksara

Evendi, (1999), Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika SLTP Pokok Bahasan Cahaya Berorientasi Model pembelajaran langsung. (Thesis) Surabaya, IKIP Surabaya, tidak di publikasikan

Hamalik, Oemar, (1999), Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

John, K., Bilhart,. J. Ganales, Gloria, (1998), Effective Group Discussion, Boston, McMillan Publishing Company

Kartini Kartono, (1974), Pengantar Metodologi Research Sosial, Bandung: Alemel

Saswulan, F., Hadi, K., & Syamsu, F. D. (2020). PENGEMBANGAN BUKU DIGITAL INTERAKTIF (BUDIN) PADA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI SEL TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 MEULABOH. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(2).

PENGARUH PENGGUNAAN MODEL LEARNING CYCLE TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI VIRUS DI KELAS X SMA NEGERI I KAWAY XVI KABUPATEN ACEH BARAT


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.