PENGARUH KEAKTIFAN SISWA DALAM MENGIKUTI KEPENGURUSAN OSIS TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DI SMAN 21 BANDUNG

Authors

  • Heni Cahyani Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Nusantara Bandung
  • Nurvadila Olivia I.S Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Nusantara Bandung
  • Salwa Afifatuzzahro Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Nusantara Bandung
  • Cheppy Risnandar Angga Widjaya Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Nusantara Bandung

DOI:

https://doi.org/10.61290/gm.v14i2.564

Keywords:

Pengaruh keaktifan, organisasi, pengurus OSIS, motivasi belajar, siswa

Abstract

Kepengurusan Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) merupakan salah satu kegiatan ekstrakurikuler yang memiliki peran penting dalam pengembangan kepemimpinan dan keterampilan sosial siswa. Keaktifan siswa dalam mengikuti kepengurusan OSIS dapat berpengaruh terhadap motivasi belajar mereka. Namun, belum banyak penelitian yang mengkaji pengaruh keaktifan siswa dalam mengikuti kepengurusan OSIS terhadap motivasi belajar di SMAN 21 Bandung. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh keaktifan siswa dalam mengikuti kepengurusan OSIS terhadap motivasi belajar di SMAN 21 Bandung. Penelitian ini juga bertujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih baik tentang pentingnya keaktifan siswa dalam kepengurusan OSIS sebagai faktor yang dapat mempengaruhi motivasi belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner. Untuk menganalisis data dilakukan teknik pengambilan data kuesioner terbuka melalui Google Form yang ditujukan kepada anggota OSIS. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara keaktifan dalam berorganisasi terhadap motivasi belajar siswa di SMAN 21 Bandung.

Downloads

Published

2023-07-13