PENGEMBANGAN “MIE KEBAB” MEDIA INTERAKTIF ELEKTRONIK KEBERAGAMAN KEBANGSAAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA SEKOLAH DASAR DI KOTA BINJAI

Nurlia Ginting, Gihari Eko Prasetyo

Abstract


Abstrak : Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimanakah tingkat ketuntasan belajar siswa Media merupakan salah satu bentuk alat bantu yang digunakan untuk meningkatkan dan memudahkan kinerja. Tuntutan terhadap kemajuan teknologi mengharuskan adanya pengembangan. Media memiliki peran yang sangat penting untuk mencapai keberhasilan belajar. Guru sepantasnya harus mampu menciptakan inovasi-inovasi baru yang kreatif demi terciptanya pembelajaran yang aktif dan menarik yang salah satunya adalah media pembelajaran. Dilain sisi fenomena tersebut juga akan mempengaruhi perkembangan sikap (Afektif) siswa, untuk membentengi hal tersebut siswa harus memiliki Keterampilan sosial (social skills). Keterampilan sosial merupakan keterampilan (kecakapan) yang perlu dimiliki oleh setiap orang karena keterampilan ini merupakan bagian dari kecakapan hidup (life skills). Kecakapan hidup dapat menuntun seseorang untuk mencapai keberhasilan dalam kehidupan sosialnya dimasyarakat. Banyak sekali kasus-kasus yang terjadi di masyarakat karena para anggotanya tidak memiliki kecakapan hidup. Dewasa ini sering terjadi kasus kekerasan, bentrokan antar warga, tawuran antar pelajar, bullying, penggunaan obat-obat terlarang, keterampilan social hendaknya di ajarkan dalam proses pembelajaran melaui materi Keberagaman Kebangsaan. Model yang diterapkan pada penelitian ini adalah penelitian Pengembangan yang mengadaptasi tahapan-tahapan dari Four- D model, yaitu: tahap I pendefinisian (define), tahap II perancangan (design), tahap III pengembangan (develop), dan tahap IV penyebarluasan (disseminate). Pengembangan media interaktif elektronik keberagaman dan kebangasaan menggunakan model 4- akan menghasilkan produk berupa CD pembelajaran yang valid untuk diterapkan dalam proses pembelajaran disekolah. Sehingga apa yang menjadi hambatan dan keterbatasan pendidik menjelaskan pertumbuhan tumbuhan dapat di ajarkan secara efektif dan menyeluruh. 

 

Kata Kunci : Media Interaktif, Keberagaman Kebangsaan, Keterampilan Sosial,


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Arsyad, Azhar. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Gihari E. P dan Nurlia G (2019) Development of malay Culture media learning in Elementary School 050661 Kwala Bingai Academic Year 2019/2020. Jurnal Handayani, (10) 2, p.9-16

Gihari E.P. dan Nurlia G (2019) . Pengembangan media pembelajaran budaya melayu dengan adobe flash berbasis kearifan lokal di Sekolah Dasar, Jurnal Basicedu, [3]4, p.1005-1003

Hiedayat, S. W. dan Sulistyowati. 2010. “Pengembangan Komputer Pembelajaran (CAI) tentang Gerak Lurus Berubah Beraturan pada Mata Pelajaran Fisika bagi Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Surabaya”. Jurnal Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Surabaya (10)

Kristanto, A. 2010. “Pengembangan Media Komputer Pembelajaran Multimedia Mata Pelajaran Fisika Pokok Bahasan Sistem Tata Surya bagi Siswa Kelas 2 Semester I di SMAN 22 Surabaya”. Jurnal Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Surabaya (10)

Nana Sudjana dan Ahmad Rivai. 2010. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo

Samanci, O. (2010). Teacher Views on Social Skills Development in Primary School Students. Education, 131 (1), p.147-157.

Tin Suharmini, dkk (2017). Pengembangan pengukuran keterampilan sosial siswa sekolah dasar inklusif berbasis diversity awarnes,(10)

Purnamasari Iin, Keragaman di ruang kelas : Telaah kritis wujud dan tantangan pendidikan multicultural. Harmony (2)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.