EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN E-LEARNING DIERA NEW NORMAL

Zuraini Zuraini, Nurhayati Nurhayati

Abstract


Abstrak: Pembelajaran daring pada Era New Normal diharapkan untuk meningkakan kuantitas dan kualitas sumber daya manusia yang mempunyai potensi intelegensi untuk menghadapi abad ke-21. Sehingga pembelajaran dengan menggunakan e-learning sangat efektif dilakukan untuk pencapaian tujuan pembelajaran. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif descriptif untuk pelaksanaan pembelajaran Bahasa Inggris speaking for formal setting  dengan menggunakan e-learning. Terdapat 11 mahasiswa yang mengambil mata kuliah tersebut. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi partisipasi mahasiswa, documentasi serta wawancara. Keefektifan pembelajaran era normal dapat kita lihat dari : (1).  Respon mahasiswa dalam pembelajaran daring di era New Normal. Dalam penelitian ini ditemukan Mahasiswa sangat bersemangat dan antusias untuk mengikuti pembelajaran dengan menggunakan E-learning, seluruh mahasiswa aktif dalam pembelajaran dan aktif mengerjakan latihan yang telah diberikan oleh dosen (2) Efektifitas pembelajaran Bahasa Inggris pada  Era  New Normal. Ditemukan hasil yang unik dari penelitian ini yaitu mahasiswa merasa lebih nyaman dalam pembelajaran speaking for formal setting, dikarenakan pada saat pembelajaran menggunakan E-learning mahasiswa dapat melihat materi yang sudah disajikan oleh dosen sesuai dengan jadwal perkuliahan yang telah ditetapkan. 3). Sarana dan prasarana yang dimiliki mahasiswa selama pembelajaran daring. Sarana yang memadai mendukung berjalannya aktivitas pembelajaran seperti yang diharapkan. Adanya bantuan kuota internet dari kemendikbud sebesar 50GB per mahasiswa, maka ini sangat memudahkan mengakses E-learning. Kebanyakan mahasiswa mengakses E-learning dengan menggunakan mobile phone karena mereka dapat menggunakannya dimanapun.

 

 

Kata-kata kunci: Efektifitas, E-learning, Era New Normal

 


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Clark, R.C. & Mayer, R.E. (2008). E-learning

and the science of instruction: proven

guidelines for consumers and designers

of multimedia learning, second edition.

San Francisco: John Wiley & Sons, Inc.

Firman & Sari. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal Of Educational Science (IJES), Volume 02 No 02.

Kuo, et al. (2014). Interaction, Internet self-efficacy, and self-regulated learning as predictors of student satisfaction in online education courses. Volume 20, pages 35-50.

Hasanah, dkk. (2020). Analisis Aktivitas Belajar Daring Mahasiswa Pada Pandemi COVID-19. Jurnal Pendidikan. Volume 1 No.1.

Munir. (2009). Pembelajaran jarak jauh ber basis teknologi informasi dan komunikasi. Bandung: Alfabeta.

Seok, Soonhwa. (2008). The aspect of e-

learning. International Journal on

ELearning, Proquest, 7(4), 725-741.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.