DAMPAK PEMBELAJARAN DARING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA SELAMA PANDEMIC COVID 19

Rahma Rahma, Nanda Safarati

Abstract


Abstrak: Pembelajaran secara daring adalah salah satu alternatif yang dapat mengatasi permasalahan gangguan proses pembelajaran secara konvensional selama pademi covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan secara detail bagaimana kondisi objektif motivasi yang dialami mahasiswa dalam pembelajaran daring pada masa pandemic Covid-19. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey dengan melibatkan 20 mahasiswa pada program studi Pendidikan Fisika Universitas Almuslim. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik survey dibuat dalam google form agar mudah diakses oleh mahasiswa dengan skala likert. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi belajar mahasiswa sangat baik, hal itu didapatkan dari skor presentase motivasi tersebut yang berjumlah 83.22 %. Dapat disimpulakan pembelajaran daring mampu meningkatkan motivasi dan minat, kemandirian belajar, keberanian mengemukakan gagasan dan pertanyaan.

Kata-kata kunci: pembelajaran daring, motivasi, dampak covid


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Anon. 2010. “PEMANFAATAN INTERNET SEBAGAI SUMBER BELAJAR.” Dinamika Pendidikan Unnes. doi: 10.15294/dp.v5i2.4921.

Creswell, JW. 2013. “Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches.” in Research design.

Hanum, Numiek Sulistyo. 2013. “KeefetifanHanum, N. S. (2013). Keefetifan e-Learning Sebagai Media Pembelajaran (Studi Evaluasi Model Pembelajaran e-Learning SMK Telkom Sandhy Putra Purwokerto). Jurnal Pendidikan Vokasi. Https://Doi.Org/10.21831/Jpv.V3i1.1584 e-Learning Sebagai Media Pe.” Jurnal Pendidikan Vokasi.

Meidawati, Sobron A. N. Bayu, Rani,. 2019. “PERSEPSI SISWA DALAM STUDI PENGARUH DARING LEARNING TERHADAP MINAT BELAJAR IPA.” SCAFFOLDING: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme. doi: 10.37680/scaffolding.v1i2.117.

Nakayama, M., Yamamoto, H., & Santiago, R. 2007. “Nakayama, M., Yamamoto, H., & Santiago, R. (2007). The Impact of Learner Characteristics on Learning Performance in Hybrid Courses among Japanese Students. Electronic Journal of e-Learning, 5(3), 195-206.” Electronic Journal of E-Learning.

P.D, Sugiono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif.Pdf.

Romadon, Romadon, and Eka Maryam. 2019. “PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN LAMPU OTOMATIS TERHADAP HASIL DAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH FISIKA LISTRIK.” SILAMPARI JURNAL PENDIDIKAN ILMU FISIKA. doi: 10.31540/sjpif.v1i2.797.

Safarati, Nanda, Rahma Rahma, Fatimah Fatimah, and Sharfina Sharfina. 2020. “PELATIHAN INOVASI PEMBELAJARAN MENGAHADAPI MASA PANDEMIC COVID-19.” Communnity Development Journal 1(3):240–45. doi: https://doi.org/10.31004/cdj.v1i3.937.

Suni Astini, Ni Komang. 2020. “Tantangan Dan Peluang Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Pembelajaran Online Masa Covid-19.” Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan. doi: 10.37329/cetta.v3i2.452.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.