PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA LINGKUNGAN SAHABAT KITA KELAS V SD SWASTA HARVAD MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2019/2020

Helga Chris Maria Naibaho, Reflina Sinaga, Ester J Simarmata

Abstract


Abstrak: Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan di SD SWASTA HARVAD Medan pada bulan April. Subyek penelitian ini berjumlah 66 siswa. Metode penelitian ini adalah  metode eksperimen True Eksperimental Design yang dilaksanakan pada dua kelas yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah soal pilihan berganda. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t”. Hasil perhitungan statistik menunjukkan bahwa hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe stad termasuk dalam kategori sangat baik dengan nilai rata-rata 81,5 , sedangkan hasil belajar tanpa menggunakan model pembelajaran termasuk dalam kategori cukup 64,66. Selanjutnya, pengujian hipotesis menunjukkan thitung adalah 9,543 kemudian di konsultasikan dengan t tabel pada taraf signifikan  dengan df 30 adalah 2,042. Oleh karena itu thitung yang diperoleh lebih besar dari ttabel yaitu 9,543>2,042 maka terbukti bahwa hipotesis nihil atau (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Maka, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe stad berpengaruh signifikansi terhadap hasil belajar siswa kelas V SD SWASTA HARVAD Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020. Dengan demikian, model pembelajaran ini tepat digunakan dalam proses pembelajaran, khususnya dalam mempengaruhi hasil belajar lebih baik.

 

Kata Kunci : Model Pembelajaran Tipe STAD, Hasil Belajar


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Al-Tabany. T. I. B. 2014. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan

Kontekstual. Jakarta : Prenadamedia Group

Arikunto, Suharsimi. 2017. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta

Buku Siswa Tema 8 Sahabat Lingkungan Kita. 2017. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia 2017

Basri, Hasan. 2015. Paradigma Baru Sistem Pembelajaran. Bandung : Pustaka Setia

Ernata, Yusvidha. 2017. Analisis Motivasi Belajar Peserta Didik Melalui Pemberian Reward dan Punishment Di Sdn Ngaringan 05 Kec.Gandusari Kab.Blita. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan SD.Vol. 5, Hal. 1-10

Hamdani. 2017. Strategi Belajar Mengajar. Bandung : CV Pustaka Setia

Istarani. 2014. 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan : Media Persada

Jihad, Asep & Haris, Abdul. 2018. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta : Multi Presindo

Khumairoh. 2015. Dengan judul “Pengaruh Penerapan Metode Debat Keterampilan Berbicara Siswa Kelas V MI Misbahul Falah Duren Mekar Kota Depok. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah

Kompri. 2016. Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru Dan Siswa. Bandung : PT Remaja

Kurniasih, Imas & Sani, Berlin. 2016. Ragam Pemgembangan Model Pembelajaran Untuk Peningkatan Profesionalitas Guru. Yogyakarta : Kata Pena

Rosdakarya

Kurniawan, Deni. 2014. Pembelajaran Terpadu Tematik. Bandung : Alfabeta

Majid, Abdul. 2017. Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya

Pidarta, Made. 2013. Landasan Kependidikan. Jakarta : Rineka Cipta

Priansa, J. D. 2015. Manajemen Peserta Didik dan Model Pembelajaran. Bandung : Alfabeta

Purwanto. 2017. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta : Pustaka Belajar

Rosyid Zaiful & Rosid Abdullah. 2018. Reward & Punishment Dalam Pendidikan. Malang : Literisasi Nusantara

Sanjaya, Wina. 2013. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta : Kencana

Silberman. L. M. 2013. Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Boston.Tatang Rukyat

Sinaga, Simarmata. (2020). Media Gambar Terhadap Diskalkulia Di Sekolah Dasar. Jurnal Tunas Bangsa. Vol 7, Nomor 2.

Shiomin, Aris. 2016. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Jakarta : AR- Ruzz Media

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta

Sudjana, Nana. 2016. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Sudijono, Anas. 2014. Pengantar Statistik Pendidikan. Depok : PT Rajagrafindo Persada

Susanto, Ahmad. 2017. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta : Kencana

Suratiyanti, Ita. 2015. Keefektifan Penerapan Metode Debat Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V SDN Petinggen Yogyakarta. Skripsi. Program Studi Guru Sekolah Dasar Jurusan Pra Sekolah Dasar Dan Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Yogyakarta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.