PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAME TOURNAMENT (TGT) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA DI KELAS IV SD NEGERI KEUDELINTEUNG
Abstract
Abstrak : Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah eksperiment quasi. Sampel dalam penelitian berjumlah 45 siswa terdiri dari kelas IVA sebanyak 23 siswa sebagai kelas eksperiment dan kelas IVB sebanyak 22 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan datanya seperti observasi, angket, dan dokumentasi. Instrumen penelitian seperti lembar observasi, angket, dan dokumentasi. Data penelitian ini adalah pengaruh penggunaan model Team Game Tournament (TGT) terhadap motivasi belajar siswa pada materi sumber daya alam kelas IV SD Negeri Keudelinteung. Dari hasi penelitian diperoleh pada kelas kontrol di ketahui bahwa jumlah siswa yang memiliki motivasi cukup sebanyak 11 siswa (50%) dari 22 siswa, jumlah siswa yang memiliki motivasi baik sebanyak 7 siswa (31,81%) dari 22 siswa dan jumlah siswa yang memiliki motivasi sangat baik sebanyak 4 sisswa (18,18%) dari 22 siswa dan diketahui bahwa kelas eksperiment yang memiliki motivasi cukup berjumlah 4 siswa (17,39%) dari 23 siswa, jumlah siswa yang memiliki motivasi baik sebanyak 8 siswa (34,78%) dari 23 siswa dan jumlah siswa yang memiliki motivasi sangat baik berjumlah 11 siswa (47,82) dari 23 siswa. Artinya pada kelas eksperiment ini sudah mendapatkan hasil motivasi seperti yang di harapkan. Di dalam pembelajaran ini peneliti merasa sudah tidak ada kekurangan karena peneliti menjalankan perbaikan pembelajaran sudah sesuai rencana pembelajaran.
Kata Kunci : Model Pembelajaran, Team Game Tournament (TGT), Motivasi Belajar Siswa
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Ahmadi, 2013, Metodologi Penelitian, Jakarta: Bumi Aksara
Hamalik, 2010, Proses Belajar Mengajar, Jakarta: Bumi Aksara
Hamdani, 2011, Strategi Belajar Mengajar, Bandung : Pustaka Setia
Hernawan. 2007. Belajar dan Pembelajaran Sekolah Dasar. Jakarta: UPI PRESS
Nashar, 2014, Peranan Motivasi dan Kemampuan Awal, Jakarta: Delia Press
Komalasari, 2013, Pembelajaran Kontekstul : Konsep dan Aplikasi, Bandung: Refika Adiatama
Usman. 2014. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya
Rusman, 2012, Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru, Bandung: Rajawali pers
Slavin, 2010, Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik, Bandung: Nusa Media
Sudijono. 2009. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers Baru
Sulihin, 2012, Pengaruh Blended Learning Terhadap Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Tingkat SD, Jurnal Pendidikan Vokasi, Vol 2, Nomor 3
Sutrisno Hadi, 2000, Metodologi Penelitian, Yogyakarta: Andi Yogyakarta
Sugiyono, 2013, “Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D”, Bandung: Alfabeta
Tulus, 2013, Peran Disiplin Pada Perilaku dan prestasi, Jakarta: Grasindo
Uzer, 2010, Upaya optimalisasi kegiatan belajar mengajar, Bandung: Remaja Rosdakarya
Yatim, 2013, Metodologi Penelitian Pendidikan, Surabaya: SIC
Zainal, 2014, Evaluasi Pembelajaran, Bandung: Remaja Rosdakarya
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.