PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAME TOURNAMENT (TGT) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA DI KELAS IV SD NEGERI KEUDELINTEUNG

Agus Kistian, Nurjannah Nurjannah, Lisa Arnita

Abstract


Abstrak : Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah eksperiment quasi. Sampel dalam penelitian berjumlah 45 siswa terdiri dari kelas IVA  sebanyak 23 siswa sebagai kelas eksperiment dan kelas IVB sebanyak 22 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan datanya seperti observasi, angket, dan dokumentasi. Instrumen penelitian seperti lembar observasi, angket, dan dokumentasi. Data penelitian ini adalah pengaruh penggunaan model Team Game Tournament (TGT) terhadap motivasi belajar siswa pada materi sumber daya alam kelas IV SD Negeri Keudelinteung. Dari hasi penelitian diperoleh pada kelas kontrol di ketahui bahwa jumlah siswa yang memiliki motivasi cukup sebanyak  11 siswa (50%) dari 22 siswa, jumlah siswa yang memiliki motivasi baik sebanyak 7 siswa  (31,81%) dari 22 siswa dan jumlah siswa yang memiliki motivasi sangat baik sebanyak 4 sisswa (18,18%) dari 22 siswa dan diketahui bahwa kelas eksperiment yang memiliki motivasi cukup berjumlah 4 siswa (17,39%) dari 23 siswa, jumlah siswa yang memiliki motivasi baik sebanyak 8 siswa (34,78%) dari 23 siswa dan jumlah siswa yang memiliki motivasi sangat baik berjumlah 11 siswa (47,82) dari 23 siswa. Artinya pada kelas eksperiment ini sudah mendapatkan hasil motivasi seperti yang di harapkan. Di dalam pembelajaran ini peneliti merasa sudah tidak ada kekurangan karena peneliti menjalankan perbaikan pembelajaran sudah sesuai rencana pembelajaran.

 

Kata Kunci : Model Pembelajaran, Team Game Tournament (TGT), Motivasi Belajar Siswa

 


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Ahmadi, 2013, Metodologi Penelitian, Jakarta: Bumi Aksara

Hamalik, 2010, Proses Belajar Mengajar, Jakarta: Bumi Aksara

Hamdani, 2011, Strategi Belajar Mengajar, Bandung : Pustaka Setia

Hernawan. 2007. Belajar dan Pembelajaran Sekolah Dasar. Jakarta: UPI PRESS

Nashar, 2014, Peranan Motivasi dan Kemampuan Awal, Jakarta: Delia Press

Komalasari, 2013, Pembelajaran Kontekstul : Konsep dan Aplikasi, Bandung: Refika Adiatama

Usman. 2014. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya

Rusman, 2012, Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru, Bandung: Rajawali pers

Slavin, 2010, Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik, Bandung: Nusa Media

Sudijono. 2009. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers Baru

Sulihin, 2012, Pengaruh Blended Learning Terhadap Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Tingkat SD, Jurnal Pendidikan Vokasi, Vol 2, Nomor 3

Sutrisno Hadi, 2000, Metodologi Penelitian, Yogyakarta: Andi Yogyakarta

Sugiyono, 2013, “Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D”, Bandung: Alfabeta

Tulus, 2013, Peran Disiplin Pada Perilaku dan prestasi, Jakarta: Grasindo

Uzer, 2010, Upaya optimalisasi kegiatan belajar mengajar, Bandung: Remaja Rosdakarya

Yatim, 2013, Metodologi Penelitian Pendidikan, Surabaya: SIC

Zainal, 2014, Evaluasi Pembelajaran, Bandung: Remaja Rosdakarya


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.