PENGEMBANGAN MODUL IPA BERBASIS PENDEKATAN SCIENTIFIC TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA TEMA 3 PEDULI TERHADAP MAKHLUK HIDUP UNTUK SISWA KELAS IV SD

Alvira Dwi Utami, Nana Hendracipta, A Syachruroji

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan modul ipa berbasis pendekatan scientific untuk pembelajaran ilmu pengetahuan alam di kelas IV Sekolah Dasar yang dikembangkan mendapat penilaian yang layak dari pakar terhadap minat belajar siswa pada tema 3 peduli terhadap makhluk hidup. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 3 dengan subjek penelitian siswa kelas IV-C sejumlah 44 siswa dengan rincian 30 siswa pada uji coba terbatas. Jenis penelitian ini mengacu pada model Borg and Gall yang dimodifikasi oleh Sugiyono. Model ini terdiri dari 6 tahap yaitu analisis masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain dan uji coba produk .Instrumen yang digunakan berupa lembaran angket untuk validasi media oleh dosen dan lembaran angket siswa. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan kualitas modul ipa berbasis pendekatan scientific yang dikembangkan termasuk kategori sangat layak dengan persentase 87% dari ahli media, kategori sangat layak dengan persentase 84% dari 2 ahli 2 materi, dan 80% dari ahli bahasa. Respon  siswa terhadap modul ipa berbasis pendekatan scientific  pada uji coba dengan 30 responden sebesar 96% dengan kategori sangat baik. Dan minat belajar siswa dengan penggunaan modul ipa berbasis pendekatan scientific dapat dikatakan siswa sangat minat belajar dengan penggunaan modul dengan persentase 96% dengan kategori baik.

 

Kata Kunci:Modul IPA Berbasis Pendekatan Scientific, Kelas IV SD.

 


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Budiningsih, C.A. (2005). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Daryanto, (2013). Menyusun Modul (bahan ajar untuk persiapan guru dalam mengajar). Yogyakarta: Gava Media.

Hamzah B, U & Mohamad, N. (2013).Belajar dengan Pendekatan PALKEM.Jakarta: Bumi Aksara.

Iskandar, S.M. (2001). Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam. Bandung. CV. Maulana.

Izzaly, R.E dkk. (2008). Perkembangan Peserta Didik. Yogyakarta: UNY Press.

Majid, A (2014). Perkembangan Tematik Terpadu. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Herayana, H., Hadi, K., & Syamsu, F. D. (2020). PENGEMBANGAN MODUL BIOLOGI BERBASIS PENDEKATAN JELAJAH ALAM SEKITAR (JAS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI DI KELAS X SMA NEGERI 1 KAWAY XVI. Bionatural: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 7(1), 61-74.

Mikarsa, H.L dkk. (2008). Pendidikan Anak SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Muclichah, A. (2006). SAINS. Bandung: CV. Maulana.

Nasution, S. (2011). Berbagi Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Oemar, H. (1993). Sistem Pembelajaran Jarak Jauh dan Pembinaan Ketenangan. Bandung: Trigenda Karya.

Permendibud, (2014). Tentang Kurikulm 2013. Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah.

Prastowo, A. (2014). Panduan Kreatf Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Rusman, (2015). Pembelajaran Tematik Terpadu. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Samatowa, U. (2006). Ilmu Pengetahuan Alam. Bandung: PT Rosdakarya.

Sani, A. (2014). Pembelajaran Tematik. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Slameto, (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Putra.

Sudjana, N & Rivai, A. (2008). Teknologi Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensin Do.

Sugiyono, (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R dan D. Bandung: Alfabeta.

Suryobroto, (1986). Mengenal Metode Pengajaran di Sekolah dan Pendekatan Baru dalam Proses Belajar Mengajar. Yogyakarta: Amarta.

Syaodih, N (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta 2003.

Wijaya, C (1992). Upaya Pembaruan dalam Pendidikan dan Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.