PENGARUH PELAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SD INPRES KASSI-KASSI KOTA MAKASSAR

Hamna Hamna, Muh Khaerul Ummah BK

Abstract


Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk mengatahui pengaruh pelaksanaan model kooperatif tipe Jigsaw terhadap hasil belajar matematika siswa yang dianalisis dengan menggunakan pendekatan kuantitatif quasi experimental design dengan model desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi yang diamati dalam penelitian ini berjumlah 57 orang siswa yang diambil dari kelas VA dan VB SD Inpres Kassi-Kassi Kota Makassar. Sedangkan, sampelnya berjumlah 50 orang siswa yang ditetapkan secara purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pelaksanaan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dalam pembelajaran matematika siswa kelas V SD Inpres Kassi-Kassi Kota Makassar dilaksanakan melalui sembilan tahapan pembelajaran dan terlaksana dengan baik sebab dalam prosesnya terjadi peningkatan proses pembelajaran secara berkelanjutan pada pertemuan I sampai pada pertemuan IV; 2) Hasil belajar matematika siswa sebelum diajar melalui pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw maupun yang belum diajar dengan cara pembelajaran lainnya masing-masing mencapai kualifikasi penilaian yang tidak memuaskan. Sementara hasil belajar siswa setelah diajar melalui pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw mengalami peningkatan hasil belajar dengan kualifikasi sangat memuaskan. Begitupula hasil belajar matematika siswa setelah diajar dengan cara pembelajaran lainnya juga mengalami peningkatan hasil belajar, namun peningkatan hasil belajarnya berada pada kualifikasi kurang memuaskan; 3) Pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD Inpres Kassi-Kassi Kota Makassar.

 

Kata-kata kunci: Kooperatif Jigsaw, Hasil Belajar Matematika


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Fathani, Abdul Halim, (2016). Matematika: Hakikat dan Logika. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media

Hartono, Rudi, (2013). Ragam Model Mengajar yang Mudah Diterima Murid. Jogjakarta: DIVA Press

Huda, Miftahul, (2016a). Cooperatif Learning; Metode, Teknik, Struktur dan Model Penerapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Huda, Miftahul, (2016b). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran; Isu-Isu Metodis dan Paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Jufri, A. Wahab, (2013). Belajar dan Pembelajaran SAINS. Bandung: Pustaka Reka Cipta

Majid, Abdul, (2014). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosda Karya

Muhsin, Abdul, (2015). Pengaruh Pelaksanaan Model INSTAD terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas V Di SDI Negeri Kakatua Kota Makassar. Tesis. Makassar: Pascasarjana Universitas Negeri Makassar

Muliawan, Jasa Ungguh, (2016). 45 Model Pembelajaran Spektakuler; Buku Pegangan Teknis Pembelajaran di Sekolah. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Mulyasa, E., (2014). Guru dalam Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Priansa, Donni Juni, (2015). Manajemen Peserta Didik dan Model Pembelajaran. Bandung: CV Alfabeta

Riyanto, Yatim, (2012). Paradigma Baru Pembelajaran; Sebagai Referensi bagi Pendidik dalam Implementasi Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Rusman, 2012. Model-Model Pembelajaran; Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Sani, Ridwan Abdullah, (2016). Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksar

Siregar, Syofian, (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Dilengkapi dengan Perbandingan Perhitungan Manual & SPSS. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Sugiyono, (2011). Metode Penelitian Pendidikan; Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Suprijono, Agus, (2016). Cooperatif Learning; Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Susanto, Ahmad, (2015). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Trianto, (2012). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif; Konsep, Landasan dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Uno, Hamzah B., (2012). Belajar dengan Pendekatan PAILKEM. Jakarta: PT Bumi Aksara


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.