EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFAE) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD NEGERI KRUENG ITAM KABUPATEN NAGAN RAYA

Nanang Riyandi, Khausar Khausar, Arief Aulia Rahman

Abstract


ABSTRAK: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Student Facilitator And Explaining (SFAE) terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri Krueng Itam Kabupaten Nagan Raya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif melalui pendekatan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Krueng Itam yang berjumlah 20 orang, yang terdiri dari 9 orang laki-laki dan 11 orang perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif persentase. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase ketuntasan belajar siswa setelah penerapan model pembelajaran Student Facilitator And Explaining (SFAE) adalah 85% atau 17 siswa yang sudah tuntas, sedangkan yang tidak tuntas hanya ada 3 siswa atau 15% dengan nilai rata-rata siswa yang diperoleh adalah 77,25. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Student Facilitator And Explaining (SFAE) efektif terhadap hasil belajar IPA khususnya pada tema organ gerak hewan dan manusia di Kelas V SD Negeri Krueng Itam kabupaten Nagan Raya.

Kata Kunci :

Efektifitas, Hasil Belajar IPA, Student Facilitator And Explaining (SFAE).


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Djamarah, S.B. 2012. Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Fatimah. 2015. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPA Dengan Metode Demonstrasi Dikelas V SDN 10 Biau. Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol. 5 No. 4. ISSN 2354-614X. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako.

Hera, Rufa. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pencemaran Lingkungan Kelas Kelas X SMAN 1 Beutong Kabupaten Nagan Raya. Jurnal. Genta Mulia: Volume IX No. 1, Januari 2018. ISSN: 2301-6671. STKIP Bina Bangsa Meulaboh.

Khausar. 2014. Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Guru yang Bervariasi Terhadap Peningkatan Hasil Belajar pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Labuhanhaji Timur Aceh Selatan. Jurnal Genta Mulia. Volume V. Nomor 2. Juli – Desember 2014. STKIP Bina Bangsa Meulaboh

Kistian, A. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri Langung Kabupaten Aceh Barat: Jurnal Bina Gogik. Volume 5 No. 2, p-ISSN: 2355-3774 e-ISSN: 2579-4647. STKIP Bina Bangsa Meulaboh.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.