LOVING NOT LABELLING : DAMPAK NEGATIF LABELLING TERHADAP PERKEMBANGAN BAKAT DAN KREATIF ANAK

Ani Lestari, Khairul Huda

Abstract


Abstrak: Labelling merupakan pemberian cap atau julukan dengan mendiagnosis seseorang yang memiliki gejala-gejala perilaku tertentu dalam suatu mayarakat. Pemberian label biasanya didapatkan dari interaksi sosial. Labelling seringkali terjadi dalam keluarga ketika anak melakukan hal yang tidak dikehendaki orang tuanya. Labelling dapat berdampak pada konsep diri anak sehingga anak menjadi berperilaku seperti label yang diberikan kepadanya. Tulisan ini bertujuan untuk mengkaji teori labelling dan dampak negatif dari labelling bagi perkembangan bakat dan kreatif anak. Penelitian ini dianalisis melalui pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian library research yang sumber datanya diperoleh dari buku, jurnal-jurnal, artikel berita, makalah ilmiah, internet dan media sosial.Temuan penelitian menggambarkan bahwa labelling bisa menghambat perkembangan bakat dan kreatif anak. Dampak negatif dari efek labelling diantaranya dapat mengekang konsep diri anak, membatasi minat anak, dan menghambat cara orang lain memperlakukan anak.

Kata Kunci : Labelling, Perkembangan Bakat dan Kreatif.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Ahmadi, Dadi dan Aliyah Nur’aini H. Dadi Ahmadi dan Aliyah Nur’aini H. “Teori Penjulukan”. Jurnal Mediator, Volume 6, (2005): 299, accessed Mei 10,2020,https://ejournal.unisba.ac.id/index.php/mediator/article/download/1209/739

Anggraeni, Amalia. “Biblioterapi Untuk Meningkatkan Pemahaman Labelling Negatif Siswa SMP”. Bikotetik: Jurnal Bimbingan Konseling Teori dan Praktek Volume 2 (2018): 111, accessed April 29, 2020, https://www.researchgate.net/publication /329015937_biblioterapi_untuk_meningkatkan_pemahaman_labelling_negatif_pada_siswa_smp

Damsar. Pengantar Sosiologi Pendidikan. Jakarta: Kencana, 2011

Devi, Sri. N, etc. “Fenomena Labelling dan Self Concept Siswa Sekolah Dasar”. Edutech: Jurnal Teknologi Pendidikan Volume 18 (2019): 277, accessed April29,2020,https://ejournal.upi.edu/index.php/edutech/article/download/17546/pdf

Efendi, G. dan A. Wahyudi. “Pengaruh Jenis Labelling Siswa IPS Terhadap Tingkat Perilaku Menyimpang Di SMA Negeri 1 Sekaran”. Jurnal Paradigma, Volume 4, (2016): 2, accessed 30 April, 2020 https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index. php/paradigma/article/view/16007

Fauziah H, Fitria dan Erni Munastiwi. Pengelolaan Pendiidkan Karakter Religius Melalui Metode Pembiasaan di Taman Kanak-kanak . Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, Volume 4, (2019): 36, accesed Mei 31, 2020, http://ejournal.uinsuka.ac.id/tarbiyah/ index.php/goldenage/ article/view/2359

Hanafie, Nurharsya Khaer & Fatimah Hidayahni Amin, Nurharsya Khaer Hanafie & Fatimah Hidayahni Amin, “Bakat dan Kreatifitas Pembelajar”, Prosiding Seminar Nasional, Volume 4, (2018) 335. Accessed Mei 5, 2020, https://journal.uncp .ac.id/index.php/proceding/article/view/1317/1136

Herlina. Dampak Labelling Terhadap Anak-FOTA Salman”, Jurnal Psikologi UPI Bandung, Volume 2, (2007);1, accessed Mei 29, 2020, http://file.upi.edu/ Direktori/FIP/JUR._PSIKOLOGI/196605162000122/Herlina/Labeling_Dan_Perkembangan_Anak-salman.pdf

Helmawati, Pendidikan Sebagai Model: Menjadikan Anak Sehat, Beriman, Cerdas, dan Berakhlak Mulia, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2016

J Narwoko, Dwi dan Bagong Suyanto. Sosiologi Teks Pengantar dan Terapan. Jakarta: Kencana, 2011

Kushendar dan Aprezo P. M. “Bahaya Label Negatif Terhadap Pembentukan Konsep Diri Anak Dengan Gangguan Belajar”. Jurnal Nihdhomul Haq, Volume. 2, (2017): 107 accessed Mei 16, 2020, https://www.academia.edu/36192730/ Bahaya_Label_Negatif_Terhadap_Pembentukan_Konsep_Diri_Anak

Lestari, Berkah. Upaya orang tua dalam pengembangan kreatifitas anak. Jurnal ekonomi dan pendidikan. Vol. 03 No. 01.

Munandar, Utami r. Kreativitas dan Keberbakatan; Strategi mewujudkan Potensi Kreatif dan Bakat, Cet.02.Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2014

M. Taher, Sartika dan Erni Munastiwi, “Peran Guru Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini Di TK Islam Terpadu Salsabila Al-Muthi’in Yogyakarta”, Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini. Volume 4, (2019): 36 accessed Mei 22, 2020, http://ejournal.uinsuka.ac.id/tarbiyah/index. php/goldenage/article/download/2567/1656/

Munandar, Utami, Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat/ Utami Munandar, Jakarta: Rineka, 2014

Sefrina, Andin. Deteksi Minat Bakat Anak, Jakarta: Media Pressindo, 2013

Sudarma, Momon. Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kreatif, Jakarta: Raja Grfindo Persada,2016

Soekanto, Soerjono dan Ratih Lestarini, Howard Becker: Sosiologi Penyimpangan, Jakarta: Rajawali, 1988

Tegar. S.P. “Konsep Diri Residivis di Kota Pekanbaru”. Jurnal JOMFSIP:Jurnal Online Mahasiswa, Volume 4, (2017): 2, accessed April 30, 2020, https://jom.unri .ac.id/index.php/JOMFSIP/issue/view/398/showToc

https://www.tribunnews.com/lifestyle/2018/11/03/lovingnotlabelling-mengenal-efek-labelling-pada-anak-di-coaching-clinic-hypnotalk. accessed Mei 6, 2020

https://www.tribunnews.com/lifestyle/2018/11/03/lovingnotlabelling-mengenal-efek-labelling-pada-anak-di-coaching-clinic-hypnotalk.accessed Mei 6, 2020

https://nakita.grid.id/read/021658384/lovingnotlabelling-kenali-efek-labelling-positif-atau-negatif-pada-anak-moms-wajib-tau. accessed Mei 8, 2020

https://www.tribunnews.com/lifestyle/2017/12/05/kompas-gramedia-luncurkan-situs-parenting-nakitaid. accessed Mei 9, 2020

http://golangsing.com/loving-not-labelling/. accessed Mei 10, 2020


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.