PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS (THINK PAIR SHARE) TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KARAKTER SISWA KELAS V SDN GUNONG KLENG KABUPATEN ACEH BARAT

Nurjannah Nurjannah, Verawati Verawati

Abstract


Abstrak: Memasuki abad ke-21, sistem pendidikan nasional menghadapi tantangan yang sangat kompleks dalam menyiapkan kualitas sumber daya manusia (SDM) yang mampu bersaing di era global. Hal ini disebabkan karena salah satu upaya yang tepat untuk menyiapkan SDM yang berkualitas serta bermutu tinggi adalah melalui pendidikan. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TPS terhadap hasil belajar siswa dan (2) untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TPS terhadap hasil belajar dan karakter siswa SDN Gunong Kleng Kabupaten Aceh Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian adalah quasi experimental dan populasinya adalah siswa kelas V SDN Gunong Kleng. Teknik pengambilan sampel yaitu simple random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah (1) observasi, (2) kuesioner (angket), (3) tes, dan (4) dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data statistik uji ANOVA. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TPS terhadap hasil belajar siswa kelas III SD Negeri Gunong Kleng  secara signifikan lebih baik dari pada siswa yang mendapatkan penerapan model pembelajaran kooperattif tipe TPS. Hal ini ditunjukkan oleh nilai rata-rata kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Dengan demikian hipotesispada penelitian ini diterima yang menyatakan bahwaa dapengaruh yang signifikan terhadap peningkatan hasil belajar siswadi kelas III SD Gunong Kleng. Hal tersebut tampak padanilai ratarata hasil belajar siswa kelas eksperimen adalah 76,7 dankelaseksperimen71,03 kelaskontrol.

 


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Astrawan, I. Gede Budi. "Penerapan model kooperatif tipe NHT dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V SDN 3 Tonggolobibi." Jurnal Kreatif Online 3, no. 4. 2013.

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berorientasi model pembelajaran berbasis masalah (pbm) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMA Se-Kuala Nagan Raya Aceh. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(2).

Tanjung, H. S. (2016). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Dan Komunikasi Matematis Siswa Sma Negeri 6 Padangsidimpuan Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (Tps) Berbantuan Autograph.

Nababan, S. A., & Tanjung, H. S. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Kemampuan Disposisi Matematis Siswa Sma Negeri 4 Wira Bangsa Kabupaten Aceh Barat. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(2).

Rosmiati, Ana. "Teknik Stimulasi dalam Pendidikan Karakter Anak Usia Dini melalui Lirik Lagu Dolanan." Resital: Jurnal Seni Pertunjukan 15, no. 1. 2014.

Kemendikbud. Lampiran Permendiknas No.65 Tahun 2013 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta. Permendiknas. 2013

Winayawati. Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Dengan Strategi Think-Talk-Write Terhadap Kemampuan Menulis Rangkuman Dan Pemahaman Matematis Materi Integral. Unnes Journal of Research Mathematics Education 1 (1). 2012.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.