ANALISIS KESALAHAN PESERTA DIDIK MENYELESAIKAN SOAL LITERASI SAINS MATERI GERAK PARABOLA : IMPLEMENTASI NEWMAN’S ERROR ANALYSIS (NEA)

Authors

  • Syarifah Rita Zahara Universitas Malikussaleh
  • Muliani Universitas Malikussaleh
  • Nurkhalisah Universitas Malikussaleh
  • Mellyzar Universitas Malikussaleh

DOI:

https://doi.org/10.61290/gm.v14i2.533

Keywords:

Gerak Parabola, Literasi Sains, Newman’s Error Analysis (NEA)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis dan penyebab kesalahan yang dilakukan peserta didik dalam menyelesaikan soal berbasis literasi sains menggunakan Newman’s Error Analysis (NEA) pada materi gerak parabola. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan metode tes tertulis dan wawancara. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa jenis kesalahan yang dilakukan peserta didik saat menyelesaikan soal yaitu kesalahan memahami soal sebanyak 53%, kesalahan mentransformasikan sebanyak 35%, kesalahan keterampilan proses sebanyak 18%, dan kesalahan penulisan jawaban akhir sebanyak 33%. Adapun penyebab peserta didik melakukan kesalahan yaitu kurangnya ketelitian peserta didik pada saat menuliskan informasi penting pada soal, rendahnya pemahaman peserta didik dalam menalar dan memahami kalimat pada soal, peserta didik terburu-buru sehingga tidak lengkap menuliskan rumus, kurangnya ketelitian dan kehati-hatian peserta didik pada saat melakukan proses perhitungan, peserta didik tidak terbiasa menuliskan satuan pada akhir jawaban. Adapun solusi untuk meminimalkan atau menghindari kesalahan adalah peserta didik hendaknya lebih berhati-hati dan teliti ketika membaca soal, peserta didik mengalokasikan waktu secara bijak sehingga tidak terburu-buru menyelesaikan soal, peserta didik harus lebih fokus dan berkonsentrasi saat melakukan proses perhitungan, dan memeriksa kembali jawaban agar tidak terjadi kesalahan dalam penyelesaian soal.

Downloads

Published

2023-07-03