UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK MELALUI MODIFIKASI PERMAINAN PADASISWA DI SMA NEGERI 1 ANYER

Enjang Ahmad Mustaqim, Muflikhul Fajri

Abstract


Penelitian Tindaka  Kelas: Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Lompat Jauh Gaya Jongkok Melalui Modifikasi Permainan Pada Siswa SMAN 1 Anyer, Kecamatan Anyer, Kabupaten Serang, Provinsi Banten. Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran Ateltik dengan materi lompat jauh melalui Penelitian Tindakan Kelas ini untuk meningkatkan hasil belajar adaladengan modifikasi permainan, sehingga diharapkan kemampuan siswa meningkat. Rumusan masalah pokok dalam penelitian ini adalah “Seberapa efektif upaya peninngkatan hasil belajar lompat jauh gaya jongkok melalui modifikasi permainan pada siswa SMAN 1 Anyer?”. Tujuan penelitian ini “seberapa efektif upaya peningkatan hasil belajar lompat jauh gaya jongkokmelalui modifikaasi permainan pada siswa SMAN 1 Anyer”. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan melakukan 2 (dua) siklus tindakan, yang pada tiap siklus dilakukan melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Sumber data penelitian ini adalah  siswa  kelas X  IPA 1 SMAN 1 Anyer tahun  ajaran 2019/2020, dengan jumlah 35 siswa terdiri dari 12 siswa putra dan 23 siswa putri. Teknik pengumpulan data diantaranya dengan tes  praktek dan observasi lapangan.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan modifikasi permainan terbukti  dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Dari hasil analisis yag diperoleh, terdapat  peningkatan pada hasil belajar siswa dari kodisi awal ke siklus I dan siklus II, baik dari  peningkatan nilai rata-rata pembelajaran lompat jauh gaya jongkok siswa maupun nilai  ketuntasan hasil belajar. Nilai rata-rata pembelajaran lompat jauh gaya jongkok pada kondisi awal 28,57% yang tuntas atau berjumlah 10 siswa dari  35 siswa. Rata-rata siklus 1 adalah 62,86% atau berjumlah 22 siswa dari 35 siswa. Dan rata-rata kelulusan siklus 2 adalah 82,86% berjumlah 29 siswa dari 35 siswa. Tingkat kelulusan diukur dari KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yang ditetapkan oleh  sekolah sebesar 75.00.

 

Kata Kunci : Hasil Belajar, Lompat Jauh, Modifikasi Permainan.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, Suharsimi. (2014). Prosedur Penelitian. Jakarta:RinekaCipta.

Dikdik Jafar S. (2009). Mengajar dan Melatih Atletik. Bandung Rosdakarya.

Kusumawati,Mia.(2014). Penelitian Pendidikan Penjas. Bekasi: Percetakan ST

Lutan Rusli. (2002 ). Supervisi Pendidikan Jasmani Konsep Praktik. Jakarta: Dirjen Dikdasmen

Priatna Eri, (2008).Ensiklomini Olahraga Atletik. Sahabat

Purnomo, EddyDapan. (2013). Dasar-dasar Atletik. Yogyakarta: Alfamedia

Subagiyo.(2008).Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Universitas Terbuka.

Sugiyono. (2005). Metode Penelitian. Bandung: Alfabetha


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.