KOMPARASI MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER DAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION DITINJAU DARI PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK SD

Budhiarti Sri Utami, Nyoto Harjono

Abstract


Abstrak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuktikan ada tidaknya perbedaan peningkatan hasil belajar matemtaika menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dan Student Teams Achievement Division (STAD). Jenis penelitian yang dilakukan adalah kajian meta analisis. Penelitian meta analisis yang digunakan adalah dengan cara merangkum, mereview dan menganalisis penelitian  menggunakan artikel model pembelajaran NHT dan  STAD. Teknik pengumpulan data dilakukan oleh peneliti dengan mencari artikel yang relevan atau berkaitan dengan penelitian yang akan diteliti melalui Google Cendikia atau Google Scholar. Hasil analisis data model pembelajaran STAD lebih tinggi dibandingkan model pembelajaran NHT. Uji prasyarat dilakukan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji linearitas yang membuktikan bahwa kedua model pembelajaran berdistribusi normal, homogen, dan linear. Berdasarkan hasil uji Ancova membuktikan bahwa nilai signifikan 0,004 < 0,05 yang artinya terdapat perbedaan antara model pembelajaran NHT dan STAD ditinjau dari peningkatan hasil belajar matematika peserta didik sekolah dasar. Berdasarkan hasil uji Effect Size membuktikan bahwa model pembelajaran NHT dan STAD memberikan pengaruh sedang terhadap hasil belajar matematika.

 

Kata Kunci: Numbered Heads Together, Student Teams Achievement Division, Hasil Belajar Matematika

 


Full Text:

PDF

References


Nursaputra, E., & Purba, R. T. (2017). Perbedaan Pembelajaran NHT dan TPS Ditinjau Dari Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 5 SD. UNION (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika).

Sudjana, Nana. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya

Sutirman, ( 2013). Media & Model-model Pembelajaran Inovatif.Yogyalarta: Graha Ilmu

Wijaya, Ariyadi. 2012. Pendidikan Matematika Realistik Suatu Alternatif Pendekatan Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Kagan, S. dan Kagan, M. 2014. Kagan Cooperative Learning. California: Kagan Publishing.

Huda, Miftahul. 2014. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Huda, M. 2011. Cooperative Learning Metode, teknik, Struktur dan Model Penerapan.

Slavin, E. Robert. 2016. Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media

Agus Suprijono. 2011. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Gramedia Pustaka Jaya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.