META ANALISIS EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TGT DAN TSTS TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN KOLABORASI DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK SISWA SEKOLAH DASAR

Ika Nuari Fitriani, Suhandi Astuti

Abstract


Abstrak: Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian meta analisis, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan keefektifan yang signifikan pada model pembelajaran TGT dan TSTS dalam meningkatkan keterampilan kolaborasi pada kelas IV. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis effect size. Rumus effect size yang digunakan adalah formula pengaruh dengan rumus eta kuadrat  (ή2). Instrumen0yang dipakai di penelitian ini0adalah lembaran pemberian kode (coding data). Variabel-variabel yang digunakan untuk pemberian kode dalam memperoleh informasi mengenai0besar pengaruh (effect size) pada penelitian0meta-analisis. Hasil penelitian menunjukan model0pembelajaran0Team Games Tournament--lebih efektif jika dibandingkan dengan model0pembelajaran0Two Stay Two Stray0terhadap0peningkatan kemampuan kolaborasi0siswa. Dapat dilihat dari uji Ancova dari nilai rata-rata skor eksperimen 2 model pembelajaran TGT sebesar 85,3675 lebih tinggi dibandingkan model pembelajaran TSTS 71,3350. Dapat disimpulkan bahwa perhitungan hipotesis dengan menggunakan uji Ancova menggunakan Univariate yang menunjukkan bahwa nilai signifikasi sebesar 0,002 yang berarti lebih kecil dari 0,05 (0,002 < 0,05). Dari uji Ancova menunjukkan f hitung > f tabel sebesar 0,002 dan F hitung yang diperoleh adalah 25,370, yaitu 25,370 > 5,79 dan signifikasinya 0,002 < 0,05 yang menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dalam penggunaan model pembelajaran TGT dan TSTS dalam peningkatan kolaborasi siswa.

Kata Kunci : Meta Analisis, Team Games Tournament, Two Stay Two Stray, Kolaborasi.


Full Text:

PDF

References


Ningrum emi pebrina (2016) Efektivitas Model Pembelajaran Koperatif TGT untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV di SD Negeri. Repository Uksw.

Hamdani 2011 Strategi Belajar Mengajar (Bandung: CV Pustaka Setia)

Huda, Miftahul. 2015. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Kemendikbud. 2016. Panduan Penilaian untuk Sekolah Dasar. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kemendikbud. 2017. Silabus Tematik Revisi 2017. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Laili R, Zelmy A.V (2017) Efektivitas TGT Terhadap Hasil Belajar Matematika Di SD. Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan.

Mawardi, M. 2014. Pemberlakuan Kurikulum SD/MI Tahun 2013 dan Implikasinya Terhadap Upaya Memperbaiki Proses Pembelajaran Melalui PTK. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 4(3): 107-121.

Miroh,S Patonah, U Kaltsum (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Team Games Tournament Terhadap Kemampuan Kolaborasi Siswa di SMP N 5 Ungaran. Prosiding Seminar Nasional.

Rusman. 2016. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta:PT Raja Grafindo Persada.

Sani, Ridwan Abdul. 2014. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Sanjaya, Wina. (2013). Penelitian Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.

Shoimin, Aris. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-RuzzMedia.

Slameto. 2015. Metodologi Pnenelitian dan Inovasi Pendidikan. Salatiga: Satya Wacana University Press.

Slavin R.E. (2011). Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sukmadinata, N. S. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. REMAJA ROSDAKARYA.

Suprijono, A. 2012. Cooperative learning teori dan aplikasi paikem. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Trianto. (2011). Model-model Pembelajaran Inovatif. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Roy H, Theresia S, Wasitohadi (2018) dengan judul Efektivitas Model Pembelajaran STAD Dengan TGT Ditinjau Dari Keaktifan Belajar Matematika Kelas IV SD. Jurnal Ummat.

Ujiati Cahyaningsih (2017) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SD. Jurnal cakrawala pendas.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.