ANALISIS PEMBELAJARAN SEJARAH DI PONDOK PESANTREN (Studi Kasus Siswa Kelas X MAS Darul Ikhlas Abdul Manap Siregar)

Muhammad Adika Nugraha, Abdi Tanjung, Heri Effendi

Abstract


Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat struktur pembelajaran sejarah secara totalitas dari awal perencanaan, pelaksanaan, hingga evaluasi akhir. Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan metode kualitatif dengan menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis maupun lisan. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran sejarah di Pondok Pesantren Haji Abdul Manap Siregar siswa kelas X IPS dalam perencanaan pembelajaran sejarah tergambar bahwa guru membuat suatu perencanaan pembelajaran bertumpu pada kurikulum nasional dan kemudian mengimprovisasinya dengan nilai-nilai agama, kemudian pelaksanaan pembelajaran guru memberikan metode yang menarik dengan membentuk kelompok kerja serta memberikan media gambar seperti peta yang relevan digunakan dan evaluasi pembelajaran sejarah dilakukan secara rutin dengan merujuk pada hasil belajar siswa sebagai dasar perbaikan pembelajaran berikutnya.

 

Kata-kata kunci : Pembelajaran, Sejarah, Pesantren


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Dadan Muttaqien. (2011). JPI FIAI Jurusan Tarbiyah. Sistem Pendidikan Pondok Pesantren (Sebuah Alternatif Mengatasi Kegagalan Sistem Pendidikan Barat). Vol. V. Tahun IV Agustus

Djamaluddin dan Abdullah Aly. (1999). Kapita Selekta Pendidikan Islam. Bandung: Pustaha Setia

I Gede Widja. (2019). Menuju Wajah Baru Pendidikan Sejarah. Yogyakarta; Lappera Pustaka Utama

Rustam E. Tamburaka. (2002). Pengantar Ilmu Sejarah, Teori Filsafat Sejarah, Sejarah Filsafat dan Iptek. Jakarta: Rineka Cipta

Suhartono W. Pranoto. (2010). Teori dan Metodologi Sejarah. Yogyakarta; Graha Ilmu


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.