MEMBANGUN KARAKTER PESERTA DIDIK DI SEKOLAH BERBASIS LIFE SKILL

Atmawarni Atmawarni

Abstract


Abstrak: Pendidikan karakter merupakan usaha untuk membangun peserta didik di sekolah, karena peserta didik adalah pemimpin bangsa Indonesia di masa yang akan datang. Apabila ingin masa depan Indonesia cerah, maka bangun pengetahuan, keterampilan, dan karakter peserta didik di era sekarang. Tujuan penulisan ini adalah untuk melihat kembali bagaimana membangun karakter peserta didik saat ini jika kita lihat masih banyak perilaku atau sikap generasi muda yang jauh dari harapan, hal ini dikaitkan dengan model pembelajaran berbasis life skill yang sedang diterapkan di sekolah, adapun metode yang digunakan dalam penulisan ini adalah studi tentang beberapa sumber buku, jurnal dan referensi lain yang mendukung penulisan ini. dari hasil studi teori dapat disimpulkan bahwa pengembangan karakter untuk peserta didik saat ini tidak lepas dari kemampuan dan tiga lingkungan yang mendukung keluarga, sekolah dan masyarakat. Penggunaan model pembelajaran berbasis life skill yang digunakan dalam proses belajar mengajar sebagai cara membangun karakter harus disesuaikan dengan kebutuhan dan tujuan pembelajaran, sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik.

  

Kata-kata kunci: Pendidikan Karakter, Life skill, Peserta didik


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Budimansyah, D. (2015). Reposisi Peran Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Pembanguna Karakter Bangsa, Prosiding Seminar Nasional Penguatan Komitmen Akdemik dalam Memperkokoh Jatidiri PKn, Laboratorium Pendidikan Kewarganegaraan Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Universitas Pendidikan Indonesia.

Fahrudin, “Peranan Nilai-nilai Agama dalam Pembelajaran Muatan Life Skills Disekolah, Jurnal (Online), http: www.google.com, Diakses Jum’at 9 Juli 2010.

Hasan, Said Hamid dkk. (2010). Pengembangan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum.

Hidayatullah, F. (2010). Pendidikan Karakter Membangun Peradaban Bangsa, Surakarta: Yuma Pustaka.

Muslich, Masnur. (2011). Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta: Bumi Aksara.

Slamet pH, Konsep dan tujuan Pendidikan Life Skill, (Jakarta: Wacana Ilmu, 1999), hal. 50.Isjoni, Dari Subtansi ke Praktis…, hal. 60.

Suyadi. 2013. Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.