DINAMIKA KOMUNITAS GURU DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN

Authors

  • Rintan Wanti Anisah Rintan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Reksa Adya Pribadi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Ramah Nur Intan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

DOI:

https://doi.org/10.61290/gm.v14i2.474

Keywords:

KompetensiGuru, Pembelajaran, dan Pendidikan, profesionalisme, guru, Sekolah Dasar, Kompetensi Mengajar Guru

Abstract

Guru berperan penting dalam membentuk fondasi pendidikan bagi para
siswa, dari segi kognitif hingga psikomotorik dan afektif. Dalam konteks
pendidikan, guru biasanya ikut bergabung pada suatu komunitas guru yang
mana komunitas tersebut dapat menjadi penunjang dalam peningkatan
kualitas pembelajaran. Namun, kurangnya komunikasi, kolaborasi dan
informasi antar guru menjadi sebuah hambatan bagi para guru dalam
menciptakan perubahan atau inovasi terhadap peningkatan kualitas
pembelajaran. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk
mengidentifikasi peran komunitas guru dalam meningkatkan kualitas
pembelajaran serta untuk menganalisis faktor yang mempengaruhi dinamika
komunitas guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran tersebut.
Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan
teknik pengumpulan data melalui wawancara dan observasi. Analisis data
dilakukan dengan menggunakan analisis triangulasi. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa komunitas guru mempunyai peranan penting dalam
peningkatan kualitas pembelajaran. Komunitas guru berfungsi sebagai
wadah untuk berbagi pengetahuan, pengalaman, dan praktik terbaik dalam
proses pembelajaran. Faktor-faktor yang mempengaruhi dinamika
komunitas guru antara lain kepemimpinan yang kuat, saling percaya antar
guru, komitmen, dan dukungan yang diberikan oleh sekolah. Maka dari itu,
sudah sepatutnya bagi guru untuk aktif bergabung dalam suatu komunitas
sehingga guru tersebut dapat menjadi agen perubahan dalam mewujudkan
pembelajaran yang berkualitas.

Downloads

Published

2023-06-26