KEMAMPUAN MENULIS PARAFRASE PUISI “SELAMAT PAGI INDONESIA” KARYA SAPARDI DJOKO DAMONO OLEH SISWA KELAS VIII SMP BHARLIND SCHOOL MEDAN

Fourmey Rindu Marito, Carlinus Wilman Tampubolon Wilman Tampubolon

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kemampuan siswa dalam menulis Parafrase Puisi “Selamat Pagi Indonesia” karya Sapardi Djoko Damono di kelas VIII SMP Bharlind School Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Bharlind School Medan yang berjumlah 40 orang dan objek penelitian ini adalah bagaimana kemampuan siswa didalam menulis parafrase Selamat Pagi Indonesia karya Sapardi Djoko Damono. instrument penelitian adalah tes perbuatan. tes perbuatan digunakan untuk melihat sejauh mana peningkatan hasl belajar siswa dalam penelitian ini terdapat kriteria penilaian pada hasil belajar siswa yang terdiri 4 unsur yaitu Pertama, isi gagasan, Kedua, organisasi isi yang terbagi dalam ketepatan kata dengan makna, Ketiga, kejelasan hubungan antar kata dalam teks, kejelasan hubungan kata dengan larik/baris, dan kejelasan hubungan kata dalam teks, kejelasan hubungan kata dengan larik/baris, dan kejelasan hubungan kata antar larik dan yang Keempat ketepatan ejaan. Berdasarkan hasil pengamatan hasil belajar diperoleh siswa berkemampuan baik sekali sebanyak 16 orang (40%), berkemampuan baik 11 orang (27,5%) dan berkemampuan cukup 13 orang (32,5%).

Kata-kata Kunci: Kemampuan, Menulis, Parafrase Puisi


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Aftarudin. 1990. Sastra Indonesia dan Pengajarannya. Bandung: Angkasa

Aminuddin. 1995. Sekitar Masalah Sastra Beberapa Prinsip dan Pengembangannya. Malang: Yayasan Asih Asah Asuh

Aswani, Sudjud. 2005. Pengaruh Penelitian. Makalah Khusus disampaikan di Depan Calon Peneliti Guru Sekolah Laboratory. Yogyakarta: IKIP Yogyakarta

Djeniah, Alim. 1997. Lancar Berbahasa Indonesia Kelas 5. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan

Marhijanto, Bambang. Pintar Bahasa Indonesia. Surabaya: Gitamedia Press

Mardhatillah, M., Verawati, V., Evianti, E., & Pramuniati, I. (2019). Bahan Ajar Interaktif Berbasis Kearifan Lokal Melalui Pendekatan Saintifik Pada Pembelajaran Bahasa Inggris. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 10(1).

Mardhatillah, M., & Akmalia, N. (2017). Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Melalui Metode Image Streaming Dengan Media Gambar Seri. Rekognisi: Jurnal Pendidikan dan Kependidikan, 2(2).

Mardhatillah, M., & Trisdania, E. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa di SD Kelas II Negeri

Suharsimi, Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

Semi, Atar. 1982. Anatomi Sastra. Padang: Angkasa Raya

Sopandi. 2010. Memahami Puisi. Bogor: Perpustakaan Nasional

Sugiono. 2004. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alpha Beta

Suroto. 1989. Apresiasi Sastra Indonesia. Jakarta: Erlangga

Tarigan, H.G. 1991. Prinsip-Prinsip Dasar Sastra. Bandung: Angkasa

Tarigan, H.G. 2005. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa

Waluyo, Herman. 2005. Apresiasi Puisi. Jakarta: Gramedia

Zainal Arifin, Amran Tasai. 2008. Cermat Berbahasa Indonesia. Jakarta: Akademika Presindo


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.