KEMAMPUAN MAHASISWA BARU DALAM PENGUASAAN EJAAN BAHASA INDONESIA SEBAGAI BAHAN PENYUSUNAN RPS MATA KULIAH BAHASA INDONESIA STAIN TEUNGKU DIRUNDENG MEULABOH

Nina Eka Putri

Abstract


Penelitian ini berjudul Kemampuan Mahasiswa Baru dalam Penguasaan Ejaan Bahasa Indonesia Sebagai Bahan Penyusunan RPS Mata Kuliah Bahasa Indonesia STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana kemampuan mahasiswa baru dalam penguasaaan ejaan bahasa Indonesia di STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan jumlah populasi dan sampel sebanyak 53 orang mahasiswa prodi PGMI Jurusan Tarbiyah dan Keguruan STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh bahwa kemampuan mahasiswa baru dalam penguasaan ejaan bahasa Indonesia belum memadai, dengan keterangan sebanyak 1 orang atau 1,89% mahasiswa memperoleh predikat nilai sangat baik, 6 orang atau 11,3% mahasiswa memperoleh predikat baik, dan 46 orang atau 86,8% mahasiswa memperoleh predikat cukup. Dengan kata lain, hanya 7 orang atau 13,21% mahasiswa yang memperoleh nilai yang memadai, sedangkan sisanya 46 orang atau sebanyak 86,8% mahasiswa memperoleh nilai yang belum memadai atau belum mencapai nilai sesuai kriteria.

 

Kata Kunci: kemampuan, mahasiswa, ejaan bahasa Indonesia

 


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka cipta.

Azis, Abdul. (2010). Menulis Lanjut. Garut: YAF Garut Jawa Barat.

Hartanto, Agus. (2017). Penggunaan Pendekatan Pembelajaran Berbasis Genre untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas XI IPA 1 SMA Negeri 2 Surakarta Semester 2 Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Empirisme: Edisi 23, Volume 6, Desember 2017.

Mendikbud. (2017). KBBI Edisi V. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Nurgiyantoro, Burhan. (2010). Penilaian Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: BPFE.

Permendikbud Republik Indonesia. (2014). Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah No. 104.

Lasmini, Sri. (2017) Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Deskriptif melalui Penerapan Pendekatan Writing Process bagi Siswa Kelas X Tsm Smk Negeri 6 Surakarta Semester Gasal Tahun 2017/2018. Jurnal Konvergensi: Edisi 21, Volume V Juli 2017.

Tarigan, Henry Guntur. (1982). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Tim Pengembang Ilmu Pendidikan. (2007). Ilmu dan Aplikasi Pendidikan. PT. Imperial Bhakti Utama


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.