PERAN GURU PENDAMPING DALAM MEMBANTU PEMBELAJARAN PAUD DI GUGUS MAWAR KEC. SUKARAJA KAB. SELUMA

mimpira Haryono, Desi Effawati

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untu mendiskripsikan Peran Guru Pendamping Dalam Membantu Pembelajaran PAUD Di Gugus Mawar Kecamatan Sukaraja Kabupaten Seluma. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang memiliki makna mendeskripsikan suatu penelitian yang sedang dilaksanakan. Subjek utama dalam penelitian ini adalah guru pendamping PAUD diLembaga yang tergabung dalam Gugus Mawar Kecamatan Sukaraja Kabupaten Seluma berjumlah 5 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan penekananya pada usaha menjawab pertanyaan-pertanyaan penelitian melalui cara berfikir formal argumentatif. Peran Guru Pendamping Dalam Membantu Pembelajaran PAUD Di Gugus Mawar Kecamatan Sukaraja Kabupaten Seluma telah dilaksanakan namun belum dilakukan secara maksimal secara rutin dan berkesinambungan.

 

Kata kunci : Peran Guru Pendamping, Pembelajaran PAUD.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Abin, Syamsudin. 2017. Psikologi Kependidikan Perngkat Pengajaran Modul. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Djoehaeni, 2009. Pengembangan kreativitas Anak Berbakat. Jakarta : Rineka Cipta.

Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini. 2013. Petunjuk TeknisPenyelenggaraan Taman Kanak-kanak. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Direktorat Pembinaan Pendidikan dan Tenaga Kependidikan PAUDNI. 2011. Petunjuk Teknis Diklat Berjenjang Pendidik PAUD. Jakarta: Dirjen PAUDNon Formal, dan Informal.

Hamzah B. Uno. 2013. Profesi Kependidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Mulyasa, 2013. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Moleong, 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nana Sudjana. 2010. Dasar-dasar Proses Belajar. Bandung: Sinar Baru.

Permendikbud Nomor 137 Tahun 2014. Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. Permendikbud Nomor 146 Tahun 2014. Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini.

Sugiyono, 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatid dan R&D. Bandung: ALFABETA

Sugiyono, 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta.

Yuwono, Joko. 2007. Memahami Anak Autistik Kajian Teoritik dan Emperik. Bandung: ALFABETA.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.