EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE MIND MAPPING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA MAN 1 MEDAN

Shubuhan Syukri Hasibuan, Sundut Azhari Hasibuan

Abstract


Abstrak: Penelitian Untuk Mengetahui: (1) apakah penggunaan metode Mind Mapping efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa MAN 1 Medan ? Adapun populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas X MAN 1 Medan  yang berjumlah 586 siswa tersebar 14 kelas. Sedangkan sampel dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas, dengan menggunakan metode Mind Mapping. Maka sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu 45 siswa kelas X-Agama 1 sebagai kelas eksperimen dan 45 siswa kelas X-Agama 2 sebagai kelas kontrol. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dan desain yang digunakan Nonequivalent control group design dengan memberikan treatment yang berbeda. Pada kelas eksperimen diberi treatment menggunakan metode Mind Mapping dan pada kelas kontrol diberi treatment menggunakan pembelajaran konvensional kemudian dberikan pretest dan posttest masing-masing 5 soal dan dinyatakan telah valid. Berdasarkan analisa data untuk kelas eksperimen diperoleh rata-rata pretest 58,04 dan rata-rata posttest 88,89 sedangkan untuk kelas kontrol diperoleh rata-rata pretest 58,42 dan rata-rata posttest 81,22. Selanjutnya dilakukan pengujian hipotesis dengan menggunakan software microsoft excel. Hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan Independen Sampel T Test pada α = 0,05 dapat melihat thitung (6,560) > ttabel (1,664) artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Maka disimpulkan bahwa rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika pada kelas eksperimen lebih besar dari rata-rata kelas kontrol artinya terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas X MAN 1 Medan.

 

Kata Kunci : Efektivitas pembelajaran, metode Mind Mapping, Kemampuan Pemecahan Masalah.


Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, Mulyono. (2012). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Jakarta : Rineka Cipta

Diana, Deski. (2014). Efektivitas Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Problem Possing pada pokok Bahasan Lingkaran Siswa Kelas VIII-A SMP Negeri Malang. 09 Maret 2014. http://eprits.uny.ac.id/8380/3/bab%202%20-08511244012.pdf

Endang Mulyatiningsih. (2012) Metodologi Penelitian Terapan. Yogyakarta: Alfabeta

Sagala, Syaiful. (2009). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: CV

Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekaan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif dan R&D. Bandung: Remaja Rosdakarya


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.