PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMA NEGERI 4 WIRA BANGSA KABUPATEN ACEH BARAT

Siti Aminah Nababan, Henra Saputra Tanjung

Abstract


Abstrak: Perangkat pembelajaran merupakan bagian penting dari sebuah proses pembelajaran di sekolah. Keberadaan perangkat pembelajaran merupakan sebuah kewajiban yang harus dimiliki guru. Bagi guru kelengkapan perangkat pembelajaran merupakan senjata utama dalam melaksanakan tugas dan kewajibannya. Secara umum, Penelitian ini bertujuan untuk menuntut kompetensi profesional guru dalam berkewajiban menyusun perangkat pembelajaran secara lengkap dan sistematis agar pembelajaran berlangsung secara interaktif, inspiratif dan menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pemebelajaran matematika yang valid, praktis dan efektif melalui Pendekatan Matematika Realistik untuk meningkatkan kemampuan disposisi matematis siswa SMA negeri 4 Wira Bangsa Kabupaten Aceh Barat. Tujuan Khusus dalam penelitian ini adalah 1). Mengahasilkan perangkat pembelajaran matematika yang valid, praktis dan efektif untuk digunakan dalam proses belajar mengajar; 2) Mengetahui peningkatan kemampuan disposisi matematis siswa dengan menggunakan perangkat pemebelajaran yang di kembangkan berbasis pendekatan matematika realistik.Penelitian ini dilakukan melalui dua tahap, yakni tahap pertama adalah pengembangan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan matematika realistik dengan mengacu pada model 4-D (four D models) yaitu: pendefinisian (define), perencanaan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Tahap kedua adalah implementasi perangkat pembelajaran yang dianggap sudah layak. Analisis data meliputi analisis validitas, reliabilitas, kemampuan pemecahan masalah dan Komunikasi Matematis siswa. Perangkat pembelajaran yang akan dikembangkan membantu guru Matematika dalam melatih kemampuan siswanya yang sesuai dengan abad 21. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan dalam penelitian ini yaitu: Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Siswa (LKS). Sedangkan model pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM).


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Akbar, Padillah, Abdul Hamid, Martin Bernard, and Asep Ikin Sugandi. "Analisis kemampuan pemecahan masalah dan disposisi matematik siswa kelas xi sma putra juang dalam materi peluang." Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika 2, no. 1 (2018): 144-153.

Lestari, Ardhini. "Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materisoal Cerita Tentang Himpunan di Kelas VII MTsN Palu Barat." Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako 2, no. 1 (2014).

Nababan, Siti Aminah. "Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis Pendekatan RMEUntuk meningkatkankemampuan Berpikir kritis siswa Sekolah Dasar." Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar 4, no. 2 (2018).

Permendikbud Nomor 104 tahun 2014 tentang penilaian hasil belajar oleh pendidik pada pendidikan dasar dan pendidikan menengah. Jakarta: Menteri Pendidikan Nasional. 2014.

Sumarmo, U, Dian Anggraeni. Meningkatkan Kemampuan Pemahaman dan Komunikasi Matematik Siswa SMK Melalui Pendekatan Kontekstual dan Strategi Formulate-Share-Listen-Create (FSLC). Infinity Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung, Vol 2, No.1, 2013.

Tanjung, Henra Saputra, and Nababan, Siti Aminah. "Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berorientasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Pbm) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Se-Kuala Nagan Raya Aceh." Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan9, no. 2 (2018).

Tanjung, Henra Saputra. "Penerapan Model Realistic Mathematic Education (RME) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Sman 3 Darul Makmur Kabupaten Nagan Raya." MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika 6, no. 1 (2019).

Trianto. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana. 2011.

Ulfa, Farida Maria, and Maya Asriana. "Keefektifan Model PBL dengan Pendekatan Open-ended pada Pencapaian Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dan Disposisi Matematis Siswa." In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, vol. 1, pp. 289-298. 2018.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.