RANCANG BANGUN APLIKASI MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI MENGAJAR GURU MATA PELAJARAN GEOMETRI MATEMATIKA

Authors

  • Chandra Sagul Haratua Program Studi Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Pascasarjana, Universitas Indraprasta PGRI
  • Wirayudha Fauzan Maulana Program Studi Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Pascasarjana, Universitas Indraprasta PGRI
  • Maulana Syarif Program Studi Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Pascasarjana, Universitas Indraprasta PGRI
  • Heriyanto Program Studi Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Pascasarjana, Universitas Indraprasta PGRI
  • Rifaldo Romalaba Program Studi Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Pascasarjana, Universitas Indraprasta PGRI

DOI:

https://doi.org/10.61290/gm.v14i2.468

Keywords:

Android Augmented Reality, Rancang Bangun Aplikasi, Kompetensi Mengajar Guru, Geometri Matematika

Abstract

Pembahasan ini membahas tentang penggunaan teknologi Augmented Reality dalam pembelajaran matematika, terutama dalam geometri. Metode pembelajaran yang menggunakan Augmented Reality dapat membuat pembelajaran menjadi lebih menarik dan mudah dipahami oleh peserta didik. Media pembelajaran yang saat ini digunakan, seperti buku dua dimensi (2D) kurang interaktif dan tidak mampu memberikan respon yang cukup. Dengan menggunakan Augmented Reality, objek-objek matematika dapat ditampilkan dalam tiga dimensi (3D) secara nyata dan interaktif. Aplikasi Augmented Reality ini dapat diimplementasikan dalam perangkat Android. Hasil dari pembahasan ini meliputi definisi dan karakteristik Augmented Reality, penerapannya dalam pembelajaran matematika, dan perancangan antarmuka aplikasi Augmented Reality. Diharapkan penggunaan Augmented Reality dapat meningkatkan pemahaman dan minat belajar peserta didik dalam geometri serta membantu menciptakan suasana pembelajaran yang efektif.

Downloads

Published

2023-06-16